Suprayogo, Imam and Wibisono Sukmo Wardhono, S.T., M.T. and Prima Zulvarina, S.S., M.Pd. (2024) Pengaruh Faktor-Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Keputusan Bekerja Pada Peserta Didik Jurusan Rumpun TI Di SMK Negeri 4 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan teknologi dan industri mempengaruhi pentingnya pendidikan kejuruan, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dalam mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten. Meskipun demikian, tingkat pengangguran di kalangan lulusan SMK di Indonesia masih terbilang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor internal (seperti minat dan bakat) dan faktor eksternal (meliputi kondisi sosial ekonomi, dukungan keluarga, dan lingkungan) terhadap keputusan bekerja siswa di bidang Teknologi Informasi (TI) di SMKN 4 Malang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis Generalized Linear Model (GLM). Data penelitian dikumpulkan dari 124 responden menggunakan kuesioner yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor eksternal, seperti kondisi sosial ekonomi, dukungan keluarga, dan lingkungan, memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan bekerja siswa (p < 0,05), dengan koefisien determinasi sebesar 34.30%. Sebaliknya, faktor internal, seperti minat dan bakat, tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan bekerja siswa (p > 0,05). Temuan ini menggarisbawahi pentingnya dukungan eksternal dalam mempengaruhi keputusan bekerja siswa, yang menunjukkan bahwa keberhasilan siswa dalam memasuki dunia kerja lebih dipengaruhi oleh faktor eksternal daripada faktor internal. Oleh karena itu, perlu ada perbaikan dalam sistem pendidikan yang menekankan pada penguatan akses informasi karier, keterlibatan keluarga, dan penciptaan lingkungan yang mendukung untuk membantu siswa membuat keputusan karier yang tepat.
English Abstract
The development of technology and industry influences the importance of vocational education, particularly in Vocational High Schools (SMK), in preparing competent workers. Nevertheless, the unemployment rate among SMK graduates in Indonesia remains relatively high. This study aims to analyze the influence of internal factors (such as interests and talents) and external factors (including socioeconomic conditions, family support, and environment) on students' decisions to work in the Information Technology (IT) field at SMKN 4 Malang. The method used is a quantitative approach with a Generalized Linear Model (GLM) analysis. The research data were collected from 124 respondents using validated questionnaires. The results indicate that external factors, such as socioeconomic conditions, family support, and environment, have a significant and positive influence on students' decisions to work (p < 0.05), with a determination coefficient of 34.30%. Conversely, internal factors, such as interests and talents, do not show a significant influence on students' decisions to work (p > 0.05). These findings highlight the importance of external support in influencing students' decisions to work, indicating that students' success in entering the workforce is more influenced by external factors than internal factors. Therefore, improvements in the education system are needed, emphasizing strengthening career information access, family involvement, and creating a supportive environment to help students make appropriate career decisions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052415 |
Uncontrolled Keywords: | Faktor Eksternal, Faktor Internal, Generalized Linear Model, Keputusan Bekerja, Pendidikan Vokasi. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi |
Depositing User: | S Sucipto |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 02:31 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 02:31 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236724 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Imam Suprayogo.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |