Pranataputra, Izzar Dienhaque and Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn., M.Ds. and Buce Trias Hanggara, S.Kom., M.Kom. (2024) Evaluasi Aksesibilitas Learning Management System Brawijaya Online Learning (BRONE) bagi Mahasiswa Penyandang Disabilitas Netra berdasarkan Web Content Accessibility Guidelines. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pendidikan tinggi sebagai salah satu hak mendasar yang dimiliki oleh masyarakat memiliki peran penting dalam menyediakan lingkungan belajar yang inklusif bagi mahasiswa, termasuk penyandang disabilitas netra. Salah satu elemen penting dalam mendukung inklusivitas ini adalah aksesibilitas Learning Management System (LMS) yang digunakan sebagai media pembelajaran pada pendidikan tinggi. Namun, mahasiswa penyandang disabilitas netra sering menghadapi berbagai hambatan dalam mengakses dan menggunakan LMS secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat aksesibilitas LMS BRONE yang digunakan di Universitas Brawijaya dengan menggunakan pedoman WCAG sebagai pedoman standar evaluasi. Metodologi penelitian melibatkan penggunaan alat bantu Google Lighthouse untuk penilaian objektif serta alat bantu NVDA untuk observasi langsung. Fokus utama adalah mengidentifikasi dan mengelompokkan permasalahan yang menghambat aksesibilitas LMS bagi mahasiswa dengan disabilitas visual, kemudian merumuskan rekomendasi sebagai panduan perbaikan. Hasil penelitian mengungkapkan adanya beberapa kendala signifikan pada LMS BRONE, seperti navigasi yang kurang intuitif, penggunaan heading dan label yang tidak sesuai, serta adanya elemen tanpa teks alternatif yang tidak memenuhi standar aksesibilitas. Berdasarkan temuan ini, penelitian memberikan rekomendasi perbaikan, termasuk peningkatan struktur navigasi, perbaikan deskripsi pada label, dan optimalisasi alternatif teks pada elemen nondekoratif. Rekomendasi yang dihasilkan bersifat deskriptif, berfungsi sebagai panduan awal bagi pengembang untuk melakukan pengujian dan implementasi lebih lanjut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat nyata dalam meningkatkan pengalaman pengguna dan kemandirian mahasiswa penyandang disabilitas netra, mendukung pengembangan LMS yang lebih inklusif di Universitas Brawijaya, serta mendorong terciptanya pendidikan tinggi yang adil dan merata di Indonesia.
English Abstract
Higher education, as one of the fundamental rights possessed by the community, plays a crucial role in providing an inclusive learning environment for students, including visually impaired students. One important element in supporting this inclusivity is the accessibility of the Learning Management System (LMS) used as a learning medium in higher education. However, visually impaired students often face various barriers in accessing and using the LMS optimally. This research aims to evaluate the accessibility level of the BRONE LMS used at Brawijaya University using WCAG guidelines as the standard evaluation framework. The research methodology involves using Google Lighthouse tools for objective assessment and NVDA assistive tools for direct observation. The primary focus is to identify and categorize issues that hinder LMS accessibility for students with visual disabilities, and then formulate recommendations as a guide for improvement. The findings reveal several significant challenges in the BRONE LMS, such as non-intuitive navigation, improper use of headings and labels, and the presence of elements without alternative text, failing to meet accessibility standards. Based on these findings, the study provides recommendations for improvement, including enhancing navigation structures, refining label descriptions, and optimizing alternative text for non-decorative elements. These descriptive recommendations serve as an initial guide for developers to conduct further testing and implementation. The results of this study are expected to provide tangible benefits in improving the user experience and independence of visually impaired students, support the development of more inclusive LMS at Universitas Brawijaya, and promote equitable and fair higher education in Indonesia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052415 |
Uncontrolled Keywords: | Aksesibilitas web, Evaluasi Aksesibilitas, Brawijaya Online Learning, Disabilitas Netra, WCAG |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | S Sucipto |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 02:22 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 02:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236720 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Izzar Dienhaque Pranataputra.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |