Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran Teks Hikayat pada Siswa Kelas X SMA

Batrisyia, Azka Azkiya Rahmah Nur and Maulfi Syaiful Rizal, S. Pd., M. Pd (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran Teks Hikayat pada Siswa Kelas X SMA. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan proses pembelajaran pada peserta didik kelas X-2 SMA Negeri 1 Kepanjen memiliki kendala yakni kurangnya minat peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sehingga berpengaruh pada tingkat keaktifan serta hasil belajar peserta didik di dalam kelas rendah. Penelitian ini ditujukan untuk mencari tahu apakah dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan cara diskusi kelompok dapat berpengaruh terhadap keaktifan, berpikir kritis, kreatif, serta hasil belajar peserta didik yang berkualitas dengan proses pembelajaran yang menyenangkan. Adapun jenis metode yang dipakai pada penelitian ini yaitu deskripsi kualitatif dengan memakai data kualitatif untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat keaktifan dan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di kelas X-2 SMA Negeri 1 Kepanjen secara keseluruhan berjalan sesuai dengan prosedur dengan melihat bahwa siswa lebih aktif saat pembelajaran dengan model TGT.

English Abstract

The learning process activities of students in class X-2 of SMA Negeri 1 Kepanjen face a challenge, which is the lack of interest of students in the subject of Bahasa Indonesia, thus affecting their level of activeness and learning outcomes in the class. This research is aimed at finding out whether the implementation of the cooperative learning model of Teams Games Tournament (TGT) through group discussions can affect the activeness, critical thinking, creativity, and quality learning outcomes of students in a fun learning process. The method used in this research is qualitative description utilizing qualitative data to assess and describe the level of activeness and learning outcomes of students during the Bahasa Indonesia learning process in the class. The implementation of the cooperative learning model of TGT in class X-2 of SMA Negeri 1 Kepanjen overall proceeded according to procedures, indicating that students were more active during learning with the TGT model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524120244
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, TGT, Keaktifan, Hasil belajar- Influence, TGT, Activeness, Learning outcome
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 20 Feb 2025 08:23
Last Modified: 20 Feb 2025 08:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236651
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Azka Azkiya Rahmah Nur Batrisyia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item