Perancangan User Experience Aplikasi Viota Beauty Bar Menggunakan Metode Design Thinking.

AL Ridho, Mohammad Ghaza and Dr.Eng. Ir. Herman Tolle, S.T., M.T. and Dwi Cahya Astriya, S.Kom., M.Kom. (2024) Perancangan User Experience Aplikasi Viota Beauty Bar Menggunakan Metode Design Thinking. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Klinik kecantikan telah menjadi bagian penting dalam industri jasa kreatif di Indonesia, dimana pada saat ini kesadaran masyarakat akan pentingnya perawatan diri mengalami peningkatan. Viota Beauty Bar, sebagai salah satu klinik kecantikan yang telah beroperasi selama lebih dari dua tahun di Kota Malang, menghadapi tantangan dan permasalahan terkait pengalaman pengguna, termasuk pemesanan dan antrean yang masih dilakukan secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh Viota Beauty Bar dan merancang solusi dalam bentuk aplikasi mobile yang dapat meningkatkan pengalaman pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design thinking, yang meliputi tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Melalui wawancara mendalam dengan pengguna, dilakukan mengumpulkan informasi mengenai kebutuhan dan masalah yang ada. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi kreatif yang tidak hanya memperbaiki sistem pemesanan dan antrean, tetapi juga meningkatkan edukasi pelanggan mengenai perawatan serta mempermudah pembelian produk skincare. Dengan demikian, aplikasi yang dirancang dapat meningkatkan kepuasan pengguna dan efisiensi operasional. Pada tahap pengujian desain solusi dilakukan dengan usability testing menggunakan tools Maze dan Google Form untuk mengukur efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Hasil pengujian menunjukkan nilai efektivitas 97,2 (sangat efektif), efisiensi 94,6% , dan kepuasan pengguna 96,67 (excellent).

English Abstract

Beauty clinics have become an important part of the creative services industry in Indonesia, where currently public awareness of the importance of self-care has increased. Viota Beauty Bar, as a beauty clinic that has been operating for more than two years in Malang City, faces challenges and problems related to user experience, including orders and queues that are still done manually. This research aims to identify the problems faced by Viota Beauty Bar and design solutions in the form of mobile applications that can improve customer experience. The method used in this research is design thinking, which includes the stages of empathize, define, ideate, prototype, and testing. Through in-depth interviews with users, information is collected regarding existing needs and problems. It is hoped that the results of this research can provide creative solutions that not only improve ordering and queuing systems, but also increase customer education regarding care and make it easier to purchase skincare products. Thus, the designed application can increase user satisfaction and operational efficiency. At the testing stage, the solution design was carried out using usability testing using Maze and Google Form tools to measure effectiveness, efficiency and user satisfaction. The test results show an effectiveness value of 97.2 (very effective), efficiency of 94.6%, and user satisfaction of 96.67 (excellent).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052415
Uncontrolled Keywords: klinik kecantikan, pengalaman pengguna, aplikasi mobile, design thinking, usability testing
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: S Sucipto
Date Deposited: 13 Feb 2025 04:41
Last Modified: 13 Feb 2025 04:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236641
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mohammad Ghaza Al Ridho.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item