Pengaruh Pemberian Media Edukasi Audio-Visual Kesiapan Manajemen Kesehatan Keluarga Terhadap Kepatuhan Perawatan Keluarga Pada Pasien Stroke

Zainul Musthofa, Zakia (2024) Pengaruh Pemberian Media Edukasi Audio-Visual Kesiapan Manajemen Kesehatan Keluarga Terhadap Kepatuhan Perawatan Keluarga Pada Pasien Stroke. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasien stroke sering menghadapi keterbatasan mobilitas yang membutuhkan perawatan intensif. Keluarga sebagai caregiver berperan penting dalam pemulihan, namun sering terkendala kurangnya pemahaman tentang perawatan. Kesiapan manajemen kesehatan keluarga, termasuk kepatuhan pada diet, pengobatan, rehabilitasi, dan gaya hidup sehat, menjadi kunci keberhasilan perawatan. Penelitian ini mengevaluasi efektivitas media edukasi audio-visual sebagai metode untuk meningkatkan kesiapan keluarga dalam menjalankan perawatan pasien stroke di rumah. Tujuan penelitian: mengidentifikasi pengaruh pemberian media edukasi audio-visual kesiapan manajemen kesehatan keluarga terhadap kepatuhan keluarga dalam merawat pasien stroke. Metode penelitian: jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental dengan desain penelitian purpose-sampling pretest-posttest without control group. Dalam penelitian ini menggunakan desain eksperimen “One Group Pretest-Posttest Design” dengan sampel 31 responden anggota keluarga. Diberikan intervensi berupa media edukasi audio-visual untuk disimak selama 14 hari dengan intensitas 2 kali sehari. Alat ukur yang digunakan adalah instrument HEAS-SP. Hasil penelitian: uji statistic yang digunakan adalah Uji Wilcoxon Signed Ranks Test, hasilnya mengalami peningkatan kepatuhan pada nilai pre-test ke nilai post-test. Peningkatan ini mencerminkan dampak positif sesudah diberikan intervensi berupa media edukasi audio-visual kesiapan manajemen kesehatan keluarga terhadap kepatuhan perawatan keluarga pada pasien stroke selama 14 hari. Hasil analisis Uji Willcoxon menunjukkan nilai p-value = 0,000, menandakan perbedaan signifikan dalam tingkat kepatuhan sebelum dan sesudah intervensi. Sebelum edukasi menggunakan media audio-visual tentang manajemen kesehatan keluarga, 61,3% responden berada dalam kategori "tidak patuh." Setelah edukasi, tingkat kepatuhan meningkat signifikan menjadi 90,3% dalam kategori "patuh," membuktikan efektivitas media edukasi. Hal ini membuktikan bahwa pemberian media edukasi audio-visual secara signifikan meningkatkan kesiapan manajemen kesehatan keluarga dalam merawat pasien stroke

English Abstract

Stroke patients often face mobility limitations that require intensive care. The family as a caregiverplays an important role in recovery, but is often constrained by a lack of understanding of care. Family health management readiness, including adherence to diet, medication, rehabilitation, and a healthy lifestyle, is key to successful treatment. This study evaluates the effectiveness of audio-visual educational media as a method to increase family readiness in carrying out treatment for stroke patients at home. Objectives: to identify the effect of providing audio-visual educational media on family health management readiness on family compliance in caring for stroke patients. Research method: the type of research used is pre-experimental with a purpose-sampling pretest-posttest without control group research design. In this study, an experimental design was used "One Group Pretest-Posttest Design" with a sample of 31 respondents from family members. Intervention was given in the form of audio-visual educational media to be listened to for 14 days with an intensity of 2 times a day. The measuring instrument used is the HEAS-SP instrument. Research results: the statistical test used was the Wilcoxon Signed Ranks Test, the results of which increased compliance with the pre-test score to the post-test score. This increase reflects the positive impact after being given an intervention in the form of audio-visual educational media on family health management readiness for family care compliance in stroke patients for 14 days. The results of the Willcoxon Test analysis showed a p-value = 0.000, indicating a significant difference in the level of compliance before and after the intervention. Prior to the education using audiovisual media about family health management, 61.3% of respondents were in the category of "non-compliance." After the education, the compliance rate increased significantly to 90.3% in the "compliant" category, proving the effectiveness of educational media. This proves that the provision of audio-visual educational media significantly improves the readiness of family health management in caring for stroke patients

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052416
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 13 Feb 2025 04:11
Last Modified: 13 Feb 2025 04:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236620
[thumbnail of DALAM MASA EMABRGO] Text (DALAM MASA EMABRGO)
ZAKIA ZAINUL MUSTHOFA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item