Cinta Syahkira Putri Tri Sakti, Parasdya (2024) Hubungan Penggunaan Metode Triage ESI (Emergency Severity Index) dengan Kepuasan Kerja Perawat di IGD Rumah Sakit Lavalette Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Setiap pasien yang masuk ke Instalasi Gawat Darurat akan dilakukan triage sesuai dengan kondisi kegawatdaruratan yang dialami. Triage dilakukan oleh tenaga kesehatan yang bertugas di IGD terutama perawat. Keadaan yang tidak menentu, seperti administrasi yang tinggi di IGD dapat menyebabkan tekanan yang tinggi dalam bekerja dan akan mempengaruhi kepuasan kerja perawat. Triage ESI merupakan salah satu metode triage lima skala yang dilakukan dengan memperhatikan stabilitas fungsi vital pasien dan mempertimbangkan kebutuhan tenaga kesehatan yang dibutuhkan untuk memberikan pertolongan pada pasien sehingga dalam pelaksanaannya lebih mudah dan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan penggunaan metode triage ESI dengan kepuasan kerja perawat di IGD. Rancangan penelitian adalah analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Responden penelitian ini terdiri dari 21 orang perawat yang bekerja di IGD Rumah Sakit Lavalette Malang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner pelaksanaan triage ESI dan kuesioner kepuasan kerja Minnesota Satisfaction Questionnaire. Uji hubungan dua variabel menggunakan Uji Spearman’s Rank dengan p value 0.05. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan triage ESI berada dalam kategori sesuai sebanyak 13 orang (61.9%) dan kepuasan kerja perawat berada dalam kategori puas sebanyak 18 orang (85.7%). Hubungan penggunaan metode triage ESI dengan kepuasan kerja perawat adalah sangat lemah dengan nilai koefisien korelasi sebesar – 0.040 dan p value 0.863. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara penggunaan metode triage ESI dengan kepuasan kerja perawat di Instalasi Gawat Darurat. Dengan demikian diharapkan rumah sakit dapat memfasilitasi tenaga kesehatan dengan pelatihan triage ESI dan memberikan sarana prasana yang mendukung untuk pelaksanaan triage yang optimal. Selain itu, rumah sakit sebagai instansi yang menaungi tenaga kesehatan dapat memperhatikan kembali aspek-aspek yang mempengaruhi kepuasan kerja khususnya perawat di IGD yang memiliki beban kerja yang cukup tinggi.
English Abstract
Every patient who enters the emergency department will be triaged according to their emergency conditionts. Triage is carried out by health workers on duty in the emergency room, especially nurses. Erratic circumstances, such as high administration in the ED can cause high pressure at work and will affect nurses' job satisfaction. ESI triage is one of the five-scale triage methods carried out by paying attention to the stability of the patient's vital functions and considering the needs of health workers needed to provide assistance to patients so that its implementation is easier and faster. This research aims to analyze the correlation between the use of the ESI triage method and nurse job satisfaction in the emergency room. The research design was observational analytic with a crosssectional approach. Data was collected from 21 nurses that working in the emergency room at Lavalette Hospital Malang. The instruments used were the ESI triage implementation questionnaire and the Minnesota Satisfaction Questionnaire. The analysis used was the Spearman's Rank Test with a p-value of 0.05. The results showed that the implementation of ESI triage was in the appropriate category for as many as 13 people (61.9%), and nurse job satisfaction was in the satisfied category for as many as 18 people (85.7%). The correlation between the use of the ESI triage method and nurses' job satisfaction is very weak, with a correlation coefficient of -0.040 and a p-value of 0.863. Based on the results of the study, it can be concluded that there is no correlation between the use of the ESI triage method and nurses' job satisfaction in the emergency department. Thus, it is expected that hospitals can facilitate health workers with ESI triage training and provide supporting infrastructure for optimal triage implementation. In addition, the hospital as an agency that houses health workers, can pay attention to aspects that affect job satisfaction, especially nurses in the emergency department who have a fairly high workload.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052416 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 02:37 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 02:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236577 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
PARASDYA CINTA SYAHKIRA PUTRI TRI SAKTI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |