Haq, Muhammad Nuril and Bayu Rahayudi, M.T., M.M. and Dr. Drs. Ir. Achmad Ridok, M.Kom. (2025) Pengaruh Fitur Auto-battle terhadap Retensi Pemain dalam Game Mobile RPG Anime: Studi Kasus pada Komunitas Arknights dan Blue Archive. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh fitur auto-battle terhadap retensi pemain dalam game mobile RPG anime, dengan studi kasus pada komunitas pemain Arknights dan Blue Archive. Fitur auto-battle dirancang untuk mengurangi repetisi dalam permainan melalui mekanisme otomatisasi, namun dampaknya terhadap perilaku pemain dan retensi belum dipahami secara menyeluruh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 40 responden dari dua komunitas pemain di Malang. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif, uji ANOVA, dan Korelasi Pearson untuk mengidentifikasi hubungan antara penggunaan fitur auto-battle dengan durasi dan frekuensi bermain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden menggunakan fitur auto-battle secara intensif untuk menghemat waktu dan mengurangi repetisi. Penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun pengguna fitur auto-battle memiliki rata-rata retensi lebih tinggi, uji statistik menunjukkan bahwa pengaruh fitur auto-battle terhadap retensi pemain tidak signifikan. Faktor lain, seperti motivasi bermain, elemen narasi, dan gameplay, terbukti memiliki peran lebih besar dalam mempertahankan keterlibatan pemain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa fitur auto-battle lebih berfungsi sebagai alat bantu efisiensi, bukan sebagai faktor utama yang memengaruhi retensi pemain. Oleh karena itu, pengembang game disarankan untuk memprioritaskan elemen gameplay, narasi, dan interaksi sosial untuk meningkatkan pengalaman pemain secara keseluruhan. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi industri game mobile dalam merancang fitur yang mendukung keberlanjutan permainan.
English Abstract
This research analyzes the effect of auto-battle features on player retention in anime RPG mobile games, with case studies on the Arknights and Blue Archive player communities. The auto-battle feature is designed to reduce repetition in the game through automation mechanisms, but its impact on player behavior and retention has not been thoroughly studied. This research uses a quantitative approach with a survey method of 40 respondents from two gaming communities in Malang. The data was analyzed using descriptive statistics, ANOVA test, and Pearson correlation to identify the relationship between the use of the auto-battle feature and the duration and frequency of play. The results showed that the majority of respondents used the auto-battle feature intensively to save time and reduce repetition. This study showed that although auto-battle users had higher average retention, statistical tests showed that the effect of auto-battle on player retention was not significant. Other factors, such as play motivation, narrative elements, and gameplay, were shown to have a greater role in maintaining player engagement. This study concludes that the auto-battle feature serves more as an efficiency aid, rather than a major factor influencing player retention. Therefore, game developers are advised to prioritize gameplay elements, narrative, and social interaction to improve the overall player experience. These findings provide important insights for the mobile game industry in designing features that support game sustainability.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052515 |
Uncontrolled Keywords: | Auto-battle, retensi pemain, game mobile RPG anime, Arknights, Blue Archive. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi |
Depositing User: | S Sucipto |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 02:20 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 02:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236575 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Nuril Haq.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |