Kensiwi, Nabila Zaein Dwi and Ir. Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom and Uun Hariyanti, S.Pd., M.Pd., Ph.D. (2025) Perbandingan Pembentukan Kelompok Heterogen Dalam Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Berprestasi Siswa di SMAN 3 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pendidikan yang efektif membutuhkan inovasi dalam metode pembelajaran, salah satunya adalah model Problem Based Learning (PBL), yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dan bekerja sama dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan pembentukan kelompok heterogen dan homogen dalam PBL terhadap hasil belajar dan motivasi berprestasi siswa di SMAN 3 Malang. Penelitian ini didorong oleh masalah kurangnya interaksi dinamis di kelas yang menghambat pencapaian hasil belajar optimal. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel diambil dari saran guru pengampu mata pelajaran Informatika dengan mengambil data siswa kelas X yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dengan pembentukan kelompok heterogen dan kelompok kontrol dengan pembentukan kelompok homogen. Proses pembelajaran menggunakan bantuan media interaktif Nearpod. Instrumen penelitian meliputi tes hasil belajar, kuesioner motivasi berprestasi, serta observasi keaktifan siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, seperti uji-t, uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan kelompok heterogen dalam model PBL memberikan peningkatan signifikan pada hasil belajar dan motivasi berprestasi siswa dibandingkan dengan kelompok homogen. Siswa dalam kelompok heterogen menunjukkan pemahaman materi yang lebih baik dan lebih terlibat dalam diskusi kelompok, yang didukung oleh keberagaman kemampuan dan latar belakang siswa dalam kelompok tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembentukan kelompok heterogen lebih efektif dibandingkan kelompok homogen dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi pembelajaran yang memadukan inovasi metode dengan teknologi, khususnya dalam konteks pendidikan berbasis masalah.
English Abstract
Effective education requires innovation in learning methods, one of which is the Problem Based Learning (PBL) model, which encourages students to think critically and work together in groups. This study aims to analyze the comparison of heterogeneous and homogeneous group formation in PBL on learning outcomes and achievement motivation of students at SMAN 3 Malang. This research was motivated by the problem of lack of dynamic interaction in the classroom that hinders the achievement of optimal learning outcomes. The research was conducted using experimental method with pretest-posttest control group design. Samples were taken randomly from class X students, divided into two groups, namely the experimental group with heterogeneous group formation and the control group with homogeneous group formation. The learning process uses the help of Nearpod interactive media. The research instruments included learning outcome tests, achievement motivation questionnaires, and observations of student activeness. Data were analyzed using descriptive and inferential statistics, such as t-test, normality test, and homogeneity test. The results showed that the formation of heterogeneous groups in the PBL model provided a significant increase in student learning outcomes and achievement motivation compared to homogeneous groups. Students in heterogeneous groups showed better understanding of the material and were more involved in group discussions, which was supported by the diversity of abilities and backgrounds of students in the group. The conclusion of this study is that heterogeneous group formation is more effective than homogeneous groups in improving students' learning outcomes. This research makes an important contribution to the development of learning strategies that combine method innovation with technology, especially in the context of problem-based education.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052515 |
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, kelompok heterogen, problem based learning, motivasi berprestasi, nearpod |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi |
Depositing User: | S Sucipto |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 02:05 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 02:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236561 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
nabila zaein dk.pdf Restricted to Registered users only Download (18MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |