Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Livin by Mandiri Menggunakan Metode EUCS (Studi Kasus Mahasiswa di DKI Jakarta)

Holtrop, Reynaldi and Ir. Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. and Dwi Cahya Astriya Nugraha, S.Kom., M.Kom. (2024) Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Livin by Mandiri Menggunakan Metode EUCS (Studi Kasus Mahasiswa di DKI Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Livin by Mandiri adalah aplikasi perbankan digital yang bertujuan untuk memudahkan nasabah Bank Mandiri dalam mengelola keuangan mereka secara praktis dan efisien. Terdapat permasalahan terkait kepuasan pengguna aplikasi Livin by Mandiri. Permasalahan terkait kepuasan pengguna aplikasi Livin by Mandiri yang belum maksimal, mahasiswa sebagai pasar potensial pengguna mbanking, dan DKI Jakarta dengan jumlah pengguna internet terbanyak di Indonesia menjadi motivasi penulis melakukan penelitian analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna aplikasi Livin by Mandiri di kalangan mahasiswa DKI Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimama pengaruh Content, Accuracy, Format, Ease of Use, dan Timeliness secara parsial dan simultan terhadap User Satisfaction aplikasi Livin by Mandiri di kalangan mahasiswa DKI Jakarta. Penelitian kuantitatif ini mengumpulkan data dengan cara menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa di DKI Jakarta. Penelitian juga dilakukan menggunakan teknik purposive sampling yang mendapatkan 102 responden. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan regresi linear berganda setelah memenuhi syarat asumsi klasik. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui variabel Content dan Accuracy tidak berpengaruh signifikan terhadap User Satisfaction.

English Abstract

Livin by Mandiri is a digital banking application that aims to make it easier for Bank Mandiri customers to manage their finances practically and efficiently. There are problems related to user satisfaction of the Livin by Mandiri application. Problems related to user satisfaction of the Livin by Mandiri application that have not been maximized, college students as potential market for m-banking users, and DKI Jakarta with the largest number of internet users in Indonesia motivated the author to conduct research analyzing the factors that affect user satisfaction of the Livin by Mandiri application among DKI Jakarta college students. This study aims to determine how Content, Accuracy, Format, Ease of Use, and Timeliness partially and simultaneously affect User Satisfaction of the Livin by Mandiri application among DKI Jakarta college students. This quantitative research collected data by distributing questionnaires to college students in DKI Jakarta. The research was also conducted using purposive sampling technique which obtained 102 respondents. The collected data were analyzed using multiple linear regression after meeting the classical assumption requirements. Based on the results of data analysis, Content and Accuracy variables do not affect significantly on User Satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052415
Uncontrolled Keywords: livin by mandiri, mahasiswa, dki jakarta, kepuasan pengguna
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: S Sucipto
Date Deposited: 12 Feb 2025 04:43
Last Modified: 12 Feb 2025 04:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236488
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Reynaldi Holtrop.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item