Evaluasi Usability Aplikasi SoulMath dengan Menggunakan Metode Usability Testing

Saputro, Yakhya Nahnul and Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn., M.Ds. and Ir. Tri Afirianto, S.T., M.T. (2025) Evaluasi Usability Aplikasi SoulMath dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi berkontribusi signifikan dalam mendukung pendidikan bagi siswa tunagrahita, dengan menyediakan alat dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Penelitian ini mengevaluasi tingkat kegunaan (usability) aplikasi SoulMath, sebuah media pembelajaran matematika yang dirancang khusus untuk siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan diagnosis tunagrahita pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengevaluasi usability aplikasi menggunakan metode usability testing, mengidentifikasi kesulitan siswa dalam penggunaannya, serta menentukan aspek-aspek yang memerlukan peningkatan. Metode penelitian mencakup studi literatur, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner System Usability Scale (SUS), serta analisis data untuk mengevaluasi aspek usability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan siswa dalam menyelesaikan tugas menggunakan aplikasi SoulMath mencapai 70,37% yang menandakan bahwa skor sedikit di bawah rata-rata skor ideal (78%). Skor SUS yang diperoleh adalah 61,6, yang juga berada di bawah standar rata-rata (68). Kesulitan utama meliputi navigasi yang kurang intuitif, kurangnya tutorial interaktif, serta hambatan teknis seperti posisi papan ketik yang menutupi soal. Rekomendasi perbaikan mencakup penyediaan tutorial interaktif dengan teks dan audio, peningkatan navigasi, dan penyesuaian sistem experience points (XP) agar lebih ramah pengguna. Dengan perbaikan ini, aplikasi SoulMath diharapkan dapat meningkatkan kemudahan belajar (learnability), efektivitas pembelajaran, dan kemandirian siswa ABK tunagrahita dalam memahami matematika. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan pendidikan di Indonesia, khususnya dalam mendukung siswa ABK dengan diagnosis tunagrahita melalui teknologi pembelajaran interaktif.

English Abstract

The rapid advancement of technology has significantly contributed to supporting education for students with intellectual disabilities, providing tools and learning methods tailored to their needs. This study evaluates the usability level of the SoulMath application, a mathematics learning media specifically designed for students with intellectual disabilities at the vocational high school level. The primary objective of this research is to assess the application's usability using usability testing methods, identify difficulties faced by students in using the application, and determine aspects that need improvement. The research methodology includes literature review, data collection through observation, interviews, and System Usability Scale (SUS) questionnaires, as well as data analysis to evaluate usability aspects. The results indicate that the success rate of students completing tasks using the SoulMath application is 70.37%, slightly below the ideal average score (78%). The SUS score obtained is 61.6, also below the standard average (68). The main challenges include unintuitive navigation, the absence of interactive tutorials, and technical issues such as the keyboard overlaying the questions. Recommendations for improvement include providing interactive tutorials with text and audio, enhancing navigation, and adjusting the experience points (XP) system to be more user-friendly. With these improvements, the SoulMath application is expected to enhance learnability, learning effectiveness, and the independence of students with intellectual disabilities in understanding mathematics. This research contributes to the development of education in Indonesia, particularly in supporting students with intellectual disabilities through interactive learning technologies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052515
Uncontrolled Keywords: usability testing, anak berkebutuhan khusus, tunagrahita, aplikasi pembelajaran, SoulMath.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: S Sucipto
Date Deposited: 12 Feb 2025 01:23
Last Modified: 12 Feb 2025 01:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236423
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yahya Nahnul Saputra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item