Strategi Komunikasi Kitabisa sebagai Platform Crowdfunding dalam Mendorong Budaya Partisipatif Khalayak pada Masa Konvergensi Media

Wikara, Agung Brahma and Abdul Wahid, S.I.Kom., M.A, (2024) Strategi Komunikasi Kitabisa sebagai Platform Crowdfunding dalam Mendorong Budaya Partisipatif Khalayak pada Masa Konvergensi Media. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemajuan teknologi informasi mendorong inovasi crowdfunding online dan memperluas partisipasi masyarakat. Kitabisa, sebagai platform crowdfunding terkemuka, menerapkan strategi komunikasi efektif untuk mengatasi tantangan literasi, kepercayaan, dan pemerataan partisipasi. Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi Kitabisa dalam menghadapi tantangan dan mempertahankan eksistensinya di era konvergensi media, menggunakan Media Convergence Theory yang mengintegrasikan berbagai media melalui internet dan mengubah paradigma sosial dan budaya. Didukung oleh konsep budaya partisipatif yang mendorong interaksi aktif pengguna dalam kreasi dan distribusi konten. Metode yang digunakan meliputi wawancara dengan pegawai Kitabisa dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan faktor kunci keberhasilan Kitabisa di era konvergensi media meliputi kepercayaan, kemudahan donasi, transparansi, dan komitmen operasional. Kitabisa mengimplementasikan full convergence melalui aplikasi mobile yang menggabungkan berbagai saluran komunikasi dan fitur donasi otomatis yang inovatif. Dengan menyatukan metode crowdfunding ke dalam platform web dan aplikasi, Kitabisa menciptakan lingkungan yang mendukung partisipasi pengguna di berbagai tingkat, sehingga memperluas jangkauan dan dampaknya dalam membantu yang membutuhkan.

English Abstract

The advancement of information technology drives online crowdfunding innovation and expands community participation. Kitabisa, as a leading crowdfunding platform, implements effective communication strategies to address the challenges of literacy, trust, and equitable participation. This research analyzes Kitabisa's communication strategies in facing challenges and maintaining its existence in the media convergence era, using Media Convergence Theory, which integrates various media through the internet and transforms social and cultural paradigms. It is supported by the concept of participatory culture, encouraging active user interaction in content creation and distribution. The methods used include interviews with Kitabisa employees and observation. The research results show that the key success factors for Kitabisa in the media convergence era include trust, ease of donation, transparency, and operational commitment. Kitabisa implements full convergence through a mobile application that combines various communication channels and innovative automatic donation features. By integrating crowdfunding methods into the web platform and application, Kitabisa creates an environment that supports user participation at various levels, thereby expanding its reach and impact in helping those in need.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Uncontrolled Keywords: Crowdfunding, Strategi komunikasi, Media convergence, Budaya partisipatif.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S Sucipto
Date Deposited: 11 Feb 2025 06:48
Last Modified: 11 Feb 2025 06:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236371
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Agung Brahma Wikara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item