Ngenget, Audrey Cathryne Angelica and Restu Karlina Rahayu, S.IP., M.Si., Ph. D (2024) Analisis Inovasi Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang pada Tahun 2024. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Inovasi Pelayanan Publik merupakan sebuah hal yang penting untuk dilakukan bagi pemerintah untuk dapat memenuhi kebutuhan dari masyarakat. Inovasi pelayanan publik sendiri apabila dalam pelaksanaannya mencapai sebuah ketepatan yang maksimal akan meningkatkan kesejahteraan, kemakmuran dan kemandirian masyarakat serta pada sektor pemerintahan sendiri. Penelitian ini sendiri bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang dalam melakukan pengembangan inovasi pelayanan publik bagi masyarakat Kota Malang. Hal ini didasari oleh masyarakat Kota Malang yang terkadang sukar untuk melakukan pelayanan publik pada kantor terpadu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang yang terletak di Jl. Mayjen Sungkono sendiri. Berlandaskan dengan teori dimensi inovasi pelayanan publik oleh Rogers sendiri, nantinya akan terdapat 5 (lima) indikator yang akan dicakup yaitu Relative Advantage, Compatibility, Complexity, Triability, dan Observability. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, peneliti telah melaksanakan pengumpulan data melalui cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam rentang tahun 2024 sendiri Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang telah menciptakan inovasi pelayanan publik berupa SI APEL TEGAS, dan Website resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang. Dimana dari ketiga inovasi tersebut telah dilaksanakan dan dikembangkan dengan demikian dan disiapkan sebaik mungkin oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang pada tahun 2022-2024. Inovasi yang muncul tidak hanya sebatas pembuatan website dan aplikasi, namun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang juga meluncurkan sbeuah inovasi untuk para masyarakat penyandang disabilitas agar bisa tetap mendapatkan pelayanan publik yang sama seperti dengan masyarakat umumnya dengan pelayanan online melalui website secara pesan suara yang semakin memudahkan bagi penyandang disabilitas yang tidak dapat melakukan proses birokrasi ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang.
English Abstract
Public Service Innovation is an important thing for the government to do in order to meet the needs of the community. Public service innovation itself, if in its implementation it achieves maximum accuracy, will increase the welfare, prosperity and independence of the community and the government sector itself. This study itself aims to find out how the development of the Population and Civil Registration Service of Malang City is in developing public service innovation for the people of Malang City. This is based on the people of Malang City who sometimes find it difficult to carry out public services at the integrated office of the Population and Civil Registration Service of Malang City located on Jl. Mayjen Sungkono itself. Based on the theory of the dimensions of public service innovation by Rogers himself, later there will be 5 (five) indicators that will be covered, namely Relative Advantage, Compatibility, Complexity, Triability, and Observability. By using a descriptive research method with a qualitative approach, researchers have carried out data collection through observation, interviews, and documentation. The results of the study show that in the span of 2024 alone, the Population and Civil Registration Service of Malang City has created public service innovations in the form of SI APEL TEGAS, and the official website of the Population and Civil Registration Service of Malang City. Where the three innovations have been implemented and developed thus and prepared as well as possible by the Population and Civil Registration Service of Malang City in 2022-2024. The innovations that emerged were not only limited to the creation of websites and applications, but the Population and Civil Registration Service of Malang City also launched an innovation for people with disabilities so that they could still get the same public services as the general public with online services via the website via voice messages which makes it easier for people with disabilities who cannot carry out the bureaucratic process to the Population and Civil Registration Service office of Malang City.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Uncontrolled Keywords: | Inovasi, Pelayanan Publik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Pengembangan, dan Website. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | S Sucipto |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 04:02 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 04:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236358 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Audrey Cathryne Angelica.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |