Rahmawati, Shofia Laily and Hefti Salis Yufidasari, S.Pi., MP and Tian Nur Ma’rifat, S.T.P., M.Sc. (2025) Analisis Preferensi Konsumen Gen Z Terhadap Produk Olahan Perikanan Ready-To-Cook di Ritel Modern Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia memiliki potensi sumber daya ikan yang besar, mencapai 12 juta ton per tahun, dengan perikanan tangkap yang unik dan beragam. Mengingat sifat ikan yang mudah rusak, pengolahan menjadi produk ready-to-cook menjadi solusi untuk mempertahankan kesegaran dan mutu. Produk ini sangat diminati, terutama oleh Gen Z, yang merupakan kelompok konsumen terbesar di Indonesia dengan karakteristik yang mengutamakan kesehatan dan efisiensi waktu dalam memilih makanan. Ritel modern, menyediakan kemudahan akses dan berbagai pilihan produk perikanan ready-to-cook, yang tidak hanya memenuhi kebutuhan praktis konsumen tetapi juga mendukung pola makan sehat. Oleh karena itu, memahami preferensi konsumen terhadap produk ini sangat penting bagi produsen dan retailer untuk memenuhi permintaan pasar dan meningkatkan kepuasan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi konsumen Gen Z di Kota Malang terhadap produk olahan perikanan ready-to-cook serta menganalisis pengaruh atribut terhadap preferensi pembelian produk olahan perikanan ready-to-cook di ritel modern Kota Malang. Penelitian ini dilakukan di Kota Malang pada bulan Juni – Oktober 2024 dengan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden yang dilibatkan sebanyak 100 orang yang memiliki kriteria usia Gen Z di Kota Malang, pernah berbelanja diritel modern, dan pernah membeli produk olahan perikanan ready-to-cook. Variabel bebas pada penelitian ini meliputi merek, rasa, harga, dan kemasan, sedangkan variabel terikatnya adalah preferensi konsumen dalam membeli produk olahan perikanan ready-to-cook. Penelitian ini melibatkan beberapa langkah yaitu perumusan masalah, kepustakaan, wawancara pendahuluan, penyebaran kuisioner pendahuluan, uji validitas, uji reliabilitas, penyebaran kuisioner utama, analisis data dan interpretasi serta kesimpulan. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, seluruh item pertanyaan menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 dan nilai r hitung > 0,279, serta uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach's alpha > 0,60, yang menandakan bahwa item tersebut lolos uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji Rank Order Centroid (ROC) menunjukkan bahwa preferensi konsumen terhadap produk olahan perikanan ready-to-cook ditentukan oleh adanya sertifikasi halal, harga yang murah dan terjangkau, serta citra merek yang baik. Hasil uji normalitas menunjukkan p-value > 0,150, yang berarti data berdistribusi normal. Uji multikolinieritas menunjukkan nilai VIF untuk semua variabel < 10, yang menandakan data lolos uji. Hasil uji Rsquare mencapai 19,68%. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel merek, kemasan, dan harga berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen, sementara variabel rasa tidak berpengaruh signifikan. Terakhir, hasil uji f menunjukkan bahwa merek, rasa, kemasan, dan harga secara bersama-sama berperan penting dalam memengaruhi preferensi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk olahan perikanan ready-to-cook. Saran yang dapat dilakukan untuk penelitian ini yaitu perlu adanya penelitian lanjutan untuk mengetahui faktor-faktor lain yang mempengaruhi preferensi dan keputusan pembelian konsumen terhadap produk olahan perikanan ready-to-cook.
English Abstract
Indonesia possesses significant fishery resource potential, estimated at 12 million tons annually, with unique and diverse capture fisheries. Given the perishable nature of fish, processing into ready-to-cook products represents a viable solution for maintaining freshness and quality. This product category is particularly favored by Generation Z, the largest consumer group in Indonesia, characterized by a focus on health and time efficiency in food choices. Modern retail chains, facilitate access and provide a variety of ready-to-cook fishery products, catering not only to consumers' practical needs but also supporting healthy eating patterns. Therefore, understanding consumer preferences for these products is crucial for producers and retailers to meet market demand and enhance consumer satisfaction. The purpose of this study is to determine the preferences of Gen Z consumers in Malang City for ready- to-cook processed fishery products and to analyze the influence of attributes on purchasing preferences for ready-to-cook processed fishery products in modern retail in Malang City. This study was conducted in Malang City from June to October 2024 using a descriptive research method with a quantitative approach. The respondents involved were 100 individuals meeting the criteria of Generation Z in Malang City, who have shopped at modern retail outlets and purchased ready-to-cook fishery products. The independent variables in this study included brand, taste, price, and packaging, while the dependent variable was consumer behavior in purchasing ready-to-cook fishery products. The research involved several steps: problem formulation, literature review, preliminary interviews, distribution of preliminary questionnaires, validity testing, reliability testing, distribution of main questionnaires, data analysis and interpretation, and conclusion. Based on the conducted tests, all question items demonstrated significance values < 0.05 and calculated r values > 0.279, while the reliability test indicated a Cronbach's alpha > 0.60, signifying that the items passed both validity and reliability tests. The Rank Order Centroid (ROC) test results revealed that consumer preferences for ready-to-cook fishery products are influenced by the presence of halal certification, affordable pricing, and a positive brand image. The normality test indicated a p-value > 0.150, suggesting that the data are normally distributed. The multicollinearity test showed a Variance Inflation Factor (VIF) for all variables < 10, indicating that the data passed this test. The R-squared value reached 19.68%. The T-test results indicated that the variables of brand, packaging, and price significantly influence consumer behavior, while the taste variable did not show a significant effect. Finally, the F-test results demonstrated that brand, taste, packaging, and price collectively play a significant role in influencing consumer behavior in the decisionmaking process for purchasing ready-to-cook fishery products. It is recommended that further research be conducted to explore additional factors influencing consumer preferences and purchasing decisions regarding ready-to-cook fishery products.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0525080013 |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 08:25 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 08:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236336 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Shofia Laily Rahmawati.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |