Sholihah, Hasnaa (2024) Pengaruh Edukasi Kesehatan Tentang Pencegahan Infeksi BBLR Menggunakan Media Video Terhadap Pengetahuan dan Sikap Pada Kader di Wilayah Kerja Puskesmas Wagir. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) merupakan bayi yang rentan terkena infeksi. Pengetahuan yang kurang serta kebiasaan atau budaya yang tidak mendukung kesehatan bayi dapat memicu masalah infeksi yang serius pada BBLR. Pendampingan yang tepat kepada ibu bayi diperlukan melalui penguatan kader kesehatan. Upaya penguatan tersebut dapat dilakukan melalui media edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi kesehatan menggunakan media audiovisual berupa video terhadap tingkat pengetahuan dan sikap kader kesehatan. Rancangan penelitian ini adalah quasi-experiment dengan metode pretest dan post-test nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan berupa media edukasi kesehatan berbentuk video dan booklet. Pengujian pengaruh media edukasi kesehatan menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan p-value 0,00 untuk peningkatan pengetahuan kelompok intervensi, p-value 0,001 untuk kelompok kontrol, p-value 0,001 untuk sikap kelompok intervensi, dan p-value 0,000 untuk kelompok kontrol, yang mengindikasikan edukasi berpengaruh pada tingkat pengetahuan dan sikap kader. Uji Mann-Whitney dilakukan untuk melihat perbedaan pengaruh media antar kelompok, hasilnya didapatkan p-value 0,000 untuk tingkat pengetahuan, nilai ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan, sedangkan p-value 0,672 didapatkan untuk sikap, nilai tersebut menunjukkan tidak adanya perbedaan signifikan antara video dan booklet. Dengan demikian, disarankan penggabungan kedua media edukasi dengan metode diskusi kelompok sehingga efektifitas kedua media dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap secara lebih baik.
English Abstract
Low birth weight (LBW) babies are vulnerable to infections. A lack of knowledge and health-supporting habits or cultural practices can exacerbate serious infection risks in LBW infants. Proper support for mothers of these infants is crucial and can be strengthened health cadres through educational media. This study aims to examine the effect of health education using audiovisual media, specifically videos, on the knowledge and attitudes of health cadres.The research employed a quasiexperimental design with a pre-test and post-test nonequivalent control group method. The instruments used were health education media in the form of videos and booklets. The Wilcoxon test results showed a p-value of 0.000 for increased knowledge in the intervention group, 0.001 for the control group, 0.001 for attitudes in the intervention group, and 0.000 for the control group, indicating that health education positively influenced cadres' knowledge and attitudes. The Mann-Whitney test revealed a pvalue of 0.000 for knowledge, indicating a significant difference, while a p-value of 0.672 for attitudes indicated no significant difference between videos and booklets. It is therefore recommended to combine both educational media with group discussion methods to enhance their effectiveness in improving knowledge and attitudes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052416 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 07:29 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 07:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236261 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hasna Sholihah.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |