Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Tingkat Depresi Pada Remaja Yang Mengalami Bullying Di SMP Negeri 15 Kota Malang

Rafika, Jazilah (2024) Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Tingkat Depresi Pada Remaja Yang Mengalami Bullying Di SMP Negeri 15 Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bullying di kalangan remaja berdampak signifikan terhadap Kesehatan mental, seperti depresi yang dapat berujung pada resiko bunuh diri. Dukungan sosial dari keluarga, teman sebaya, dan guru berperan penting dalam membantu korban mengatasi dampak negative bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara dukungan sosial dengan tingkat depresi pada remaja yang mengalami bullying di SMP Negeri 15 Kota Malang. Desain penelitian menggunakan analitik korelasional menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan total sampling dengan total responden 57 orang. Alat ukur yang digunakan Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) untuk dukungan sosial dan Beck Depression Inventory (BDI) untuk tingkat depresi. Hasil penelitian menunjukkan angka dukungan sosial pada remaja di SMP Negeri 15 Kota Malang Sebagian besar berada dalam kategori sedang sebanyak 84,2% dan Sebagian kecil pada kategori tinggi sebanyak 15,8%. Sebagian besar remaja di SMP Negeri 15 Kota Malang memiliki tingkat depresi pada kategori minimal sebanyak 91,2%, kategori ringan sebanyak (5,3%), dan remaja dengan tingkat depresi berat sebanyak (3,5%). Berdasarkan hasil uji spearman rank didapatkan hasil p-value sebesar 0,826 dan hasil r = 0,030. Hasil tersebut menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara dukungasn sosial dengan tingkat depresi pada remaja yang mengalami bullying di SMP Negeri 15 Kota Malang. Dari hasil penelitian ini, diharapkan tenaga Kesehatan, khususnya perawat dapat memberikan edukasi Kesehatan mengenai mental health dan membangun hubungan yang mendukung dengan menyediakan ruang aman bagi remaja yang mengalami bullying. Rekomendasi dari penelitian ini meliputi peningkatan program pencegahan bullying, penyediaan layanan konseling yang mudah diakses, memberikan dukungan sosial serta berkolaborasi ssdengan pihak terkait mengenai edukasi Kesehatan mental dan menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan inklusif.

English Abstract

Bullying among adolescents has a significant impact on mental health, such as depression which can lead to suicide risk. Social support from family, peers, and teachers plays an important role in helping victims overcome the negative impact of bullying. This study aims to examine the relationship between social support and depression levels in adolescents who experience bullying at SMP Negeri 15 Malang City. The research design used correlational analytics using a cross sectional approach. The sampling technique used total sampling with a total of 57 respondents. The measuring instrument used Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) for social support and Beck Depression Inventory (BDI) for depression level. The results showed that the number of social support in adolescents at SMP Negeri 15 Malang City was mostly in the moderate category as much as 84.2% and a small portion in the high category as much as 15.8%. Most of the adolescents at SMP Negeri 15 Malang City have a level of depression in the minimal category as much as 91.2%, (5.3%), and adolescents with severe depression as much as (3.5%). Based on the results of the spearman rank test, the p-value is 0.826 and the result of r = 0.030. These results indicate that there is no significant relationship between social support and the level of depression in adolescents who experience bullying at SMP Negeri 15 Malang City. From the results of this study, it is expected that health workers, especially nurses, can provide health education about mental health and build supportive relationships by providing a safe space for adolescents who experience bullying. Recommendations from this study include improving bullying prevention programs, providing easily accessible counseling services, providing social support and collaborating with related parties regarding mental health education and creating a safe and inclusive school environment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052416
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 10 Feb 2025 07:05
Last Modified: 10 Feb 2025 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236233
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
jazilah nur rafika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item