Kontu, Jane Christine Maura and Dian Tamitiadini, S.I.Kom., M.Si. (2023) Strategi Pemasaran Digital Band Indie Enamore melalui Media Sosial Instagram. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Industri musik di Indonesia menghasilkan musisi yang semakin beragam. Keberagaman ini juga diikuti dengan jumlah musisi yang semakin banyak pula. Hal tersebut ternyata membuat label musik major kesulitan untuk membantu semua musisi, sehingga musisi harus bergerak sendiri untuk bisa membuat karya dan memasarkannya ke pasar yang lebih luas. Musisi ini disebut sebagai musisi indie. Penelitian ini berfokus pada strategi pemasaran digital yang dilakukan oleh salah satu musisi indie yang berasal dari Kota Malang, Enamore. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari konten-konten yang diunggah dalam media sosial Instagram Enamore (@gimmenamore). Temuan penelitian ini menjelaskan bahwa penggunaan strategi pemasaran yang memfokuskan kepada pesan yang ingin disampaikan kepada audiens dengan menggunakan konten visual yang menarik dapat tersampaikan dengan baik kepada audiens. Saran bagi peneliti selanjutnya yakni dapat membahas lebih mendalam mengenai startegi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh musisi independen lainnya sehingga dapat menjadikannya acuan bagi musisi-musisi dalam melakukan kegiatan promosi musiknya.
English Abstract
The music industry in Indonesia produces increasingly diverse musicians. This diversity is also accompanied by a growing number of musicians. This has apparently made it difficult for major music labels to support all musicians, leading them to operate independently to create and market their works to a wider audience. These independent musicians are referred to as indie musicians. This research focuses on the digital marketing strategies employed by one indie musician from Malang, Enamore. The research was conducted using a descriptive method with a qualitative approach. Data for this study were obtained from the contents uploaded on Enamore's Instagram social media (@gimmenamore). The research findings explain that using marketing strategies that focus on conveying messages to the audience through visually appealing content can effectively reach the audience. Suggestions for future researchers would be to delve deeper into the marketing communication strategies used by other independent musicians, providing a reference for musicians in promoting their music activities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052311 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran Digital, Media Sosial, Instagram, Konten Visual |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | S Sucipto |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 06:56 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 06:56 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236228 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Jane Christine Maura Kontu.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |