Sudarwasih, Eni (2024) Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Prasekolah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penggunaan gadget merupakan sebuah kebutuhan di era globalisasi ini. Pengguna gadget saat ini mencakup segala usia, tua dan muda, termasuk anak prasekolah. Penggunaan gadget yang berlebih dan tanpa pengawasan orang tua pada anak prasekolah dapat menghambat interaksi sosial dan keterampilan komunikasi anak, sehingga berpengaruh pada perkembangan bahasa anak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan bahasa pada anak usia prasekolah. Penelitian kuantitatif dengan metode korelatif observasional dan pendekatan Cross Sectional dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner Intensitas Penggunaan Gadget dan Denver Developmental Screening Test (DDST) untuk perkembangan bahasa yang dibagikan kepada 94 responden yang menjadi sampel penelitian. Teknik sampling yang dipakai adalah Purposive Sampling dengan menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil uji korelasi menggunakan Spearman Rank menunjukkan p value 0,000 dengan koefisien korelasi -0,095. Pada penelitian ini didapatkan 67 anak (71,3%) memiliki intensitas penggunaan gadget yang rendah dan sebanyak 74 anak (78,7%) mengalami perkembangan bahasa normal. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan bahasa pada anak usia pra sekolah, dimana intensitas penggunaan gadget tidak berdampak pada perkembangan bahasa anak. Perawat dapat menjadikan sebagai acuan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai penggunaan gadget yang baik, pentingnya tetap menstimulasi perkembangan bahasa anak dan pentingnya interaksi langsung dengan anak.
English Abstract
In the era of globalization, gadget use has become a necessity across all age groups, including preschool children. However, excessive gadget use without parental supervision may hinder children's social interaction and communication skills, potentially affecting language development. This study sought to investigate the relationship between the intensity of gadget use and language development in preschool children. A quantitative study with an observational correlative design and a cross-sectional approach the research was carried out. Use the Gadget Use Intensity Questionnaire alongside the Denver Developmental Screening Test (DDST) to assess language development. A sample of 94 respondents was chosen through purposive sampling based on predetermined inclusion and exclusion criteria. The outcomes of the correlation test using Spearman's Rank showed a p-value of 0.000 with a correlation coefficient of -0.095. Among the respondents, 67 children (71.3%) had low-intensity gadget use, and 74 children (78.7%) demonstrated normal language development. These findings suggest no significant relationship between the intensity of gadget use and language development in preschool children. Therefore, the intensity of gadget use does not appear to impact language development. These results can serve as a reference for nurses in educating the public about appropriate gadget use, emphasizing the importance of stimulating language development and fostering direct interactions with children.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052416 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 03:44 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 03:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236177 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Eni Sudarwasih.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |