Terapi Bermain Untuk Meningkatkan Harga Diri Pada Usia Remaja Di SMPN 02 Bululawang

Prasetya, Benny Chandra and Ns. Muhammad Sunarto, S.Kep., M.Kep.Sp.Kep.J (2024) Terapi Bermain Untuk Meningkatkan Harga Diri Pada Usia Remaja Di SMPN 02 Bululawang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masa remaja menghadapi tantangan dalam membangun identitas dan mengembangkan diri yang sehat. Salah satu aspek penting dalam perkembangan remaja adalah pembentukan harga diri yang positif. Remaja yang memiliki harga diri rendah mengalami kesulitan dalam menghadapi tekanan akademis, hubungan sosial, dan dinamika keluarga. Terapi bermain memiliki potensi besar untuk membantu remaja mengembangkan harga diri. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh penggunaan terapi bermain terhadap harga diri pada usia remaja di SMPN 02 Bululawang. Penelitian ini merupakan “one group pre-posttest design” dengan 9 partisipan terapi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan harga diri positif pada anak remaja sebesar 18.33 poin (123.39%) serta peningkatan dalam mencapai kemampuan positif sebesar 13 kemampuan (91.27%) sebelum dan sesudah dilakukan intervensi terapi bermain. Penggunaan terapi bermain mampu memberikan stimulasi untuk meningkatkan harga diri remaja dalam menyelesaikan tugas perkembangannya sehingga direkomendasikan untuk diterapkan oleh perawat praktisi maupun lingkup akademik sekolah. Perlu dilakukan penelitian lain untuk melihat pengaruh terapi bermain terhadap harga diri pada kelompok remaja dengan karakteristik yang lebih beragam seperti difabel atau anak tunggal serta keterkaitan antara variabel lain seperti dukungan keluarga atau prestasi akademik

English Abstract

Adolescence faces challenges in building identity and developing a healthy self. An important aspect in adolescent development is the formation of positive self-esteem. Adolescents who have low self-esteem have difficulty dealing with academic pressure, social relationships, and family dynamics. Play therapy has great potential to help teenagers develop self-esteem. The aim of the research is to determine the effect of using play therapy on self-esteem in adolescent at SMPN 02 Bululawang. This research is a "one group pre-post-test design" with 9 therapy participants. The results of the study showed that there was an increase in positive self-esteem in teenagers by 18.33 points (123.39%) and an increase in achieving positive abilities by 13 abilities (91.27%) before and after the play therapy intervention. The use of play therapy is able to provide stimulation to increase adolescents' self-esteem in completing their developmental tasks, so it is recommended to be implemented by nurse practitioners and schoolteachers. More research needs to be carried out to see the effect of play therapy on self-esteem in groups of adolescents with more diverse characteristics such as mentally disabled or only child and relationship between other variables such as family support or academic achievement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524160251
Uncontrolled Keywords: Harga Diri, Remaja, Terapi Bermain- Adolescent, Play Therapy, Self Esteem.
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Profesi Keperawatan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 13 Feb 2025 04:19
Last Modified: 13 Feb 2025 04:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236171
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Benny Chandra Prasetya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item