Hubungan Antara Kualitas Tidur dengan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Universitas Brawijaya.

Hadi, Agung Sulistyo and Dr. Ns. Retno Lestari, S.Kep, M.Nurs and Ns. Muhammad Sunarto, S.Kep, M.Kep, Sp.Kep.J. (2024) Hubungan Antara Kualitas Tidur dengan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kualitas tidur memiliki peran penting dalam menentukan konsentrasi belajar mahasiswa, terutama mahasiswa keperawatan yang menghadapi tekanan akademik tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan potong lintang (cross-sectional). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan, dan sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 88 responden dari 767 total populasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) untuk menilai kualitas tidur dan Student Learning Concentration Questionnaire Indonesia Version (SLCQ-I) untuk mengukur konsentrasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki kualitas tidur buruk (57,8%) dengan rata-rata skor PSQI 8,75, sedangkan sebagian besar mahasiswa memiliki tingkat konsentrasi belajar sedang (62,2%) dengan rata-rata skor SLCQ-I 97,19. Analisis bivariat menggunakan uji korelasi Spearman menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dan positif antara kualitas tidur dan konsentrasi belajar, dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,416 dan p-value 0,000. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa kualitas tidur yang buruk berdampak negatif terhadap kemampuan konsentrasi belajar mahasiswa. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi acuan dalam pengembangan intervensi keperawatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas tidur guna mendukung keberhasilan akademik mahasiswa.

English Abstract

Sleep quality plays a crucial role in determining students' learning concentration, especially nursing students who face high academic pressure. This study aims to analyze the relationship between sleep quality and learning concentration among students in the Nursing Science Program at Universitas Brawijaya. The study employs an observational analytic design with a crosssectional approach. The population consists of nursing students, with the sample selected using simple random sampling, totaling 88 respondents from a population of 767. Data collection was conducted using the Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) to assess sleep quality and the Student Learning Concentration Questionnaire Indonesian Version (SLCQ-I) to measure learning concentration. The results indicate that the majority of students have poor sleep quality (57.8%), with an average PSQI score of 8.75. Most students exhibit a moderate level of learning concentration (62.2%), with an average SLCQ-I score of 97.19. Bivariate analysis using the Spearman correlation test reveals a significant and positive relationship between sleep quality and learning concentration, with a correlation coefficient (r) of 0.416 and a p-value of 0.000. Based on these findings, it can be concluded that poor sleep quality negatively impacts students' ability to concentrate on learning. This study's results are expected to serve as a reference in developing nursing interventions aimed at improving sleep quality to support students academic success.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524160249
Uncontrolled Keywords: Kualitas Tidur, Konsentrasi Belajar, Mahasiswa Keperawatan, PSQI, SLCQ-I.Sleep Quality, Learning Concentration, Nursing Students, PSQI, SLCQ-I.
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 13 Feb 2025 04:19
Last Modified: 13 Feb 2025 04:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236157
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Agung Sulistyo Hadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item