Fadhilah Nugraini, Azzah (2024) Hubungan Kecerdasan Emosional terhadap Quarter Life Crisis (QLC) pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Mahasiswa tingkat akhir dihadapkan pada berbagai tuntutan akademik dan sosial yang sering kali menjadi tantangan emosional terbesar dalam fase awal dewasa. Tekanan untuk menyelesaikan tugas akhir, ketidakpastian terkait masa depan, dan kekhawatiran mengenai karier, hubungan interpersonal, serta pencapaian hidup, dapat memicu Quarter Life Crisis (QLC). Fenomena ini ditandai dengan perasaan cemas, putus asa, penilaian diri yang negatif, dan kesulitan mengelola emosi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional terhadap quarter life crisis pada mahasiswa tingkat akhir. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 152 dengan kriteria inklusi mahasiswa S1 tingkat akhir Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Brawijaya dan mahasiswa dengan rentan usia memasuki dewasa awal (18 - 30 tahun). Pengumpulan data dilakukan pada bulan Agustus-November 2024 dengan responden mengisi kuesioner Kecerdasan Emosional NHS dan quarter life crisis Afandi, et, al. Hasil dari penelitian ini adalah kecerdasan emosional pada mahasiswa tingkat akhir sebanyak 93 responden dengan kategori tinggi dan quarter life crisis pada mahasiswa tingkat akhir sebanyak 120 responden dengan kategori sedang. Hasil uji Spearmen Rank didapatkan korelasi antara kedua variabel yaitu sebesar 1.000 dan nilai signifikansinya 0.027(p-value <0.05), hasil korelasi menunjukkan hubungan yang sangat kuat dan searah antara kedua variabel. Selain itu, dengan tuntutan akademik untuk menyelesaikan tugas akhir diharapkan mendapatkan dukungan emosional dari keluarga, lingkungan bermain maupun lingkungan perkuliahan.
English Abstract
Final-year students are faced with a variety of academic and social demands that often pose the greatest emotional challenges in early adulthood. Pressure to complete final assignments, uncertainty about the future, and concerns about career, interpersonal relationships, and life achievements can trigger a Quarter Life Crisis (QLC). This phenomenon is characterized by feelings of anxiety, hopelessness, negative self-assessment, and difficulty managing emotions. The purpose of this study was to determine the relationship of emotional intelligence to quarter life crisis in final year students. The method used is quantitative with a crosssectional approach. The sample of this study was 152 with the inclusion criteria of final year undergraduate students of the Faculty of Health Sciences, Universitas Brawijaya and students with the age of entering early adulthood (18- 30 years). Data collection was carried out in August-November 2024 with respondents filling out the NHS Emotional Intelligence questionnaire and quarter life crisis Afandi, et, al. The results of this study were emotional intelligence in final year students as many as 93 respondents with high categories and quarter life crisis in final year students as many as 120 respondents with moderate categories. The results of the Spearmen Rank test obtained a correlation between the two variables of 1,000 and a significance value of 0.027 (p-value <0.05), the correlation results show a very strong and unidirectional relationship between the two variables. In addition, with academic demands to complete the final project, it is expected to get emotional support from family, play environment and lecture environment.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052416 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 07:27 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 07:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236098 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Azzah Fadhilah Nugraini.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |