Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Return Saham dengan Profitabilitas sebagai Variabel Mediasi: Perspektif Manajemen Kesan

Kusumatuti, Febriyanti Mody and Abdul Ghofar, SE., M.Si., DBA., Ak. and Yeney Widya Prihatiningtias, SE., Ak., MSA., DBA. (2024) Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Return Saham dengan Profitabilitas sebagai Variabel Mediasi: Perspektif Manajemen Kesan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap return saham dan peran profitabilitas sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor consumer non-cyclical yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 31 perusahaan dengan periode pengamatan selama 4 tahun sehingga diperoleh 124 unit sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi penggunaan media sosial oleh perusahaan maka return saham akan semakin meningkat. Unggahan konten di Instagram yang membentuk kesan berprestasi, ramah, bersahabat, berintegritas, dan peduli terhadap lingkungan akan memberikan pengaruh positif terhadap return saham. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa profitabilitas tidak mampu menjadi perantara pengaruh langsung penggunaan media sosial dan return saham. Hal tersebut dikarenakan peningkatan return saham lebih dipengaruhi oleh persepsi jangka pendek investor terhadap informasi non-finansial di media sosial daripada kondisi profitabilitas perusahaan. Penelitian ini mendukung teori manajemen kesan, yang menunjukkan bahwa penggunaan media sosial oleh perusahaan dapat mempengaruhi return saham. Hal ini dapat memberikan pandangan strategis pada perusahaan consumer non-cyclical mengenai maksimalisasi penggunaan media sosial. Selain itu, perusahaan consumer non-cyclical dapat menyusun kebijakan untuk mewajibkan menggunakan kerangka manajemen kesan dalam mengunggah konten di akun media sosial perusahaan.

English Abstract

This study aims to determine the effect of social media usage on stock returns and the role of profitability as a mediating variable. The population in this study were consumer non-cyclical sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2020-2023. The sampling technique used was purposive sampling and obtained 31 companies with an observation period of 4 years so that 124 sample units were obtained in this study. The results of the study indicate that the higher the use of social media by the company, the higher the stock return will be. Uploading content on Instagram that forms the impression of achievement, friendliness, integrity, and caring for the environment will have a positive effect on stock returns. The results of the study also show that profitability is not able to mediate the direct influence of social media usage and stock returns. This is because the increase in stock returns is more influenced by investor’s short-term perceptions of non-financial information on social media than the company's profitability conditions. This study supports the impression management theory, which shows that the use of social media by companies can affect stock returns. This can provide strategic insight into consumer non-cyclical companies regarding maximizing the use of social media. Additionally, consumer non-cyclical companies can create policies to require the use of an impression management framework when posting content on the company's social media accounts.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: -
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Profitabilitas, Return Saham-Profitability, Social Media, Stock Return
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 07 Feb 2025 02:38
Last Modified: 07 Feb 2025 02:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236084
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Febriyanti Mody Kusumatuti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item