Pengaruh Financial Technology Dan Mental Accounting Terhadap Keputusan Investasi Pada Gen Y Dan Z Dengan Financial literacy Sebagai Variabel Moderasi.

Ramadhan, Fadilatur and Prof. Dr.Wuryan Handayani, Ak and Dr. Arum Prastiwi, Ak (2024) Pengaruh Financial Technology Dan Mental Accounting Terhadap Keputusan Investasi Pada Gen Y Dan Z Dengan Financial literacy Sebagai Variabel Moderasi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh financial technology dan mental accounting terhadap keputusan investasi pada Gen Y dan Z dengan financial literacy sebagai variabel moderasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksplanatori. Data dikumpulkan melalui survei menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada melalui google form dan secara langsung pada 232 mahasiswa di wilayah Jawa Timur. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif untuk merinci karakteristik data dan analisis data inferensial menggunakan Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) untuk menguji hubungan konseptual antar variabel. Hasil penelitian ini menemukan bahwa financial technology dan mental accounting berpengaruh positif terhadap keputusan investasi pada gen Y dan Z. Namun, efek moderasi financial literacy memperlemah pengaruh financial technology dan mental accounting terhadap keputusan investasi. Temuan penelitian ini dapat dijadikan acuan bahan pertimbangan bagi investor muda dalam menentukan keputusan investasi agar dapat melakukan investasi lebih baik dan menguntungkan

English Abstract

The objective of this research is to identify and analyze the effects of financial technology and mental accounting on investment decisions among Gen Y and Gen Z with financial literacy as the moderating variable. The data of this quantitative explanatory study was harvested by distributing questionnaires, using both paperbased survey and online survey via Google Forms, to 232 university students in East Java. The analyses were performed descriptively for characteristic elaboration and inferentially using Structural Equation Modeling – Partial Least Squares (SEM-PLS) to assess the conceptual relationship between the variables. This study finds that financial technology and mental accounting positively influence the investment decisions of Gen Y and Gen Z and that financial literacy weakens the impacts of financial technology and mental accounting on the investment decision. These findings can be used as a reference for young investors in their investment decisions so that they are able to make better and more profitable investments.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: -
Uncontrolled Keywords: Financial technology, mental accounting, financial literacy, keputusan investasi, keputusan investasi-financial technology, mental accounting, investment decision
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 07 Feb 2025 01:51
Last Modified: 07 Feb 2025 01:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236056
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fadilatur Romadhan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item