Pengaruh Kualitas Layanan Cash On Delivery (Cod) Cek Dulu Pada E-Commerce Shopee Terhadap Manfaat Bersih Dengan Kepuasan Pengguna Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Seller E-Commerce Shopee)

Jannah, Nur Aini Raudhatul and Lutfi Harris, SE., M.Ak., Ak. (2024) Pengaruh Kualitas Layanan Cash On Delivery (Cod) Cek Dulu Pada E-Commerce Shopee Terhadap Manfaat Bersih Dengan Kepuasan Pengguna Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Seller E-Commerce Shopee). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menjelaskan (1) pengaruh kualitas layanan cash on delivery (COD) terhadap kepuasan pengguna, (2) pengaruh kepuasan pengguna terhadap manfaat bersih, (3) pengaruh kualitas layanan cash on delivery (COD) terhadap manfaat bersih, dan (4) pengaruh kualitas layanan cash on delivery (COD) cek dulu terhadap manfaat bersih dengan kepuasan pengguna sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 115 responden yang diambil dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form. Analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software SmartPLS 4.1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualitas layanan cash on delivery (COD) berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, (2) kepuasan pengguna berpengaruh terhadap manfaat bersih, (3) kualitas layanan cash on delivery (COD) tidak berpengaruh terhadap manfaat bersih, dan (4) kualitas layanan cash on delivery (COD) cek dulu berpengaruh terhadap manfaat bersih dengan kepuasan pengguna sebagai variabel intervening.

English Abstract

This study aims to analyze and explain 1) the effect of cash on delivery (COD) service quality on user satisfaction, (2) the effect of user satisfaction on net benefits, (3) the effect of COD service quality on net benefits, and (4) the effect of “COD cek dulu” service quality on net benefits with user satisfaction as an intervening variable. The study applies quantitative explanatory approach, involving samples of 115 respondents selected through purposive sampling, and data collected through a survey distributed through Google Forms. The data are analyzed by Structural Equation Model (SEM) processed by SmartPLS 4.1. The results exhibit that (1) COD service quality affects user satisfaction, (2) user satisfaction affects net benefits, (3) COD service quality does not affect net benefits, and (4) “COD cek dulu” service quality affects net benefits with user satisfaction as an intervening variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524020353
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna, Manfaat Bersih, Shopee
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 05 Mar 2025 03:55
Last Modified: 05 Mar 2025 03:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236046
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nur Aini Raudhatul Jannah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item