MUSTIKA INDAH PERMATASARI, NUR (2024) Persepsi Mahasiswa terhadap Penerapan Metode Ringkasan dalam Mata Kuliah Membaca. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus oleh Sugiyono, yang bertujuan untuk mengekplorasi persepsi mahasiswa terhadap penerapan metode ringkasan dalam mata kuliah Membaca Mahir 2. Partisipan dipilih secara purposive sampling yang merujuk pada teori Sugiyono, dan menghasilkan 8 mahasiswa dengan capaian akademik yang berbeda. Data dikumpulkan melalui google form, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi hasil ringkasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua partisipan sepakat menulis ringkasan mempermudah dalam memahami bacaan. Berdasarkan hasil analisis unsur-unsur ringkasan yang merujuk pada teori Keraf dan ahli di Hiroshima Shudo University, mahasiswa dengan capaian akademik tinggi cenderung menghasilkan ringkasan yang lengkap dan relevan dengan teks asli, sedangkan mahasiswa dengan capaian akademik sedang dan rendah menunjukkan variasi kualitas ringkasan yang bergantung jenis dan kesulitan teks. Secara keseluruhan, setelah menerapkan metode ringkasan, mahasiswa menilai metode ini bermanfaat dari segi bahasa, kognitif, dan akademik.
Other obstract
この研究の目的は、スギヨノ氏のケーススタディデザインに基づく定性研 究であり、「上級読解2」の授業に要約法の適用に対する大学生の認識を 調査することです。参加者は、学業成績が異なる8人の大学生で、スギヨ ノ氏の理論に基づいて選ばれました。データは、 google フォームのアンケ ート、半構造化インタブー、そして要約結を通じて収集しました。研究結 果によると 、すべての大学生が要約を書くことで、文章の理解を助けると 認識していることが明らかになりました。 ケラ フの理論および広島修道大 学の専門家による要約要素の分析は、 成績が高い大学生は、内容が正確で 原文と一致した要約であります。一方で、 成績が程度または低い大学生は、 テキストの種類や難しさによって要約の質に違いが。全体的に、 大学生た ちは要約法が言語、認識、学業の面で効果がある評価しました。
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052412 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 00:56 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 00:56 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/235908 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
NUR MUSTIKA INDAH PERMATA SARI.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |