SUKMA SUSANTI, LINDUNG (2024) Exploring Vocational High School Students’ Perception of Listening Log: A Student-Centered Approach to Enhance English Listening Skills. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kemampuan Menyimak merupakan salah satu keterampilan paling penting dalam pembelajaran bahasa Inggris. Siswa harus memiliki kemampuan ini untuk berkomunikasi dan memahami bahasa Inggris, terutama bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Beberapa aktivitas menyimak telah disarankan, salah satunya adalah menggunakan Listening Log. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan Listening Log dalam meningkatkan keterampilan menyimak mereka. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan mixed-method dengan melibatkan 54 siswa jurusan Otomotif di SMKN 12 Malang. Kuesioner dan wawancara mendalam menjadi instrumen penelitian ini. Data kuesioner dianalisis menggunakan SPSS dan Microsoft Excel 2019 untuk menentukan validitas dan reliabilitas, serta persentase dan skor rata-rata, sedangkan analisis tematik digunakan untuk menganalisis data kualitatif dari wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa meningkatkan kemampuan mendengar dan pengetahuan kosakata mereka dengan menggunakan listening log. Para siswa juga menemukan bahwa listening log adalah media yang menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan mereka karena ini adalah alternatif baru bagi mereka dan dapat membantu mereka meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka, terutama dalam pengetahuan kosakata. Studi ini juga menunjukkan bahwa listening Log dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan mendengarkan bahasa Inggris pada siswa otomotif. Para siswa dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang teknis dan aksen khusus dengan secara aktif berpartisipasi dalam video yang terkait dengan bidang mereka, seperti manual teknis dan berita utama industri. Namun, para siswa juga menghadapi beberapa tantangan, seperti pengucapan pembicara yang tidak jelas, kecepatan bicara yang cepat, dan banyak kosakata yang tidak dikenal. Akibatnya, mereka tidak dapat memahami konteks audio atau video. Penelitian ini terbatas pada siswa Jurusan Otomotif di kelas 12. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan penambahan perspektif dan motivasi dalam media ini untuk mendapatkan wawasan yang berbeda. Hal ini akan memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai penggunaan listening log untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan dan pengetahuan kosakata siswa.
English Abstract
Listening skills are one of the most important skills in learning English. The studentsshould have this ability to communicate and understand English, especially for the Vocational High School (VHS) students. Some listening activities are suggested, one of them is by using the Listening Log. This study aims to find out students’ perception towards the use of Listening Log to enhance their listening skills. This study used a mixed-method approach with 54 students from Automotive major in SMKN 12 Malang. A questionnaire and in-depth interviews became the instruments of this study. The questionnaire’s data were analyzed using SPSS and Microsoft Excel 2019 to determine the validity and reliability, and percentage and mean scores, while thematic analysis was employed to analyze the qualitative data from the interview. The result indicated that the students improved their listening skills and vocabulary knowledge by using Listening Log. The students also found that the listening log is a fun medium for improving their listening skills because it is a new alternative for them and it can help them improve their English skills, especially in vocabulary knowledge. The study also indicates that Listening Log can significantly enhance English listening skills in automotive students. Students can improve their grasp of specialist technical and accents by actively participating in videos related to their field, such as technical manuals and industry headlines. However, the students also faced several challenges, such as the speaker’s unclear pronunciation, the fast pace of speech, and numerous unfamiliar vocabulary words. As a result, they can’t understand the context of the audio or video. This research was limited to the Automotive Major students in grade 12. Therefore, future research is expected to conduct additional perspectives and motivations in this medium to get different insights. It will provide a more comprehensive understanding of the use of the Listening log to improve students’ listening skills and vocabulary knowledge.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052412 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 00:55 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 00:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/235903 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lindung Sukma Susanti.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |