ESNA HULWAH NABILAH, LAILY (2024) EFL High and Low Achievers’ Perceptions of Using Grammarly as a Self-Assessment Tool in Their Academic Writing. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sebagai mahasiswa pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing, mereka sering kali diminta untuk menyelesaikan tugas menulis, artikel, atau tesis dalam bahasa Inggris. Namun, banyak mahasiswa yang menghadapi kesulitan dalam hal ini. Penyebab umum dari tantangan ini adalah kurangnya kompetensi dalam konten dan struktur kalimat, seperti tata bahasa. Oleh karena itu, tata bahasa memegang peranan penting dalam pembelajaran bahasa Inggris, karena dapat memperkuat keterampilan menulis mahasiswa. Penggunaan alat Grammarly untuk tugas menulis dan tesis merupakan salah satu solusi potensial. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi siswa yang berprestasi tinggi dan rendah pada bahasa Inggris dalam menggunakan Grammarly sebagai bagian dari alat penilaian diri dalam penulisan akademis mereka. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara semi terstruktur dan dianalisis menggunakan Atlas.ti. Untuk mengumpulkan data melalui wawancara semi-terstruktur, yang kemudian dianalisis menggunakan Atlas.ti. Peserta penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2020 program Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Brawijaya, dengan nilai A atau B pada Mata Kuliah Thesis Proposal Writing selama semester genap tahun akademik 2022/2023. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pada mahasiswa berprestasi tinggi dan rendah memiliki persepsi positif terhadap Grammarly, mencatat bahwa aplikasi ini membantu mereka belajar mandiri, meningkatkan rasa percaya diri, dan meningkatkan kualitas penulisan akademik mereka. Namun, penggunaan optimal dari aplikasi ini memerlukan integrasi dengan metode pembelajaran tradisional dan bimbingan dari dosen untuk mencapai hasil yang lebih holistik dalam penulisan akademik. Penelitian ini menyarankan bahwa penelitian lebih lanjut dapat mengamati peserta menggunakan Grammarly sebagai alat penilaian diri untuk memberikan perbandingan hasil yang lebih baik antara orang yang berprestasi tinggi dan rendah dan mengeksplorasi penggunaan langganan gratis oleh orang yang berprestasi tinggi untuk memahami perspektif mereka yang berbeda dibandingkan dengan orang yang berprestasi rendah.
English Abstract
As EFL students, they are often required to complete writing assignments, articles, or theses in English. However, many students face difficulties in this area. A common cause of this challenge is a lack of competence in both content and sentence structure, such as grammar. Therefore, grammar plays a crucial role in EFL learning settings, as it strengthens students’ writing skills. Using the Grammarly tool for writing assignments and theses is one potential solution. This research aims to explore EFL high and low achievers’ perceptions of using Grammarly as part of the self-assessment tool in their academic writing. A qualitative method with descriptive analysis was used. The researcher gather the data through semi-structured interviews and analyzed using Atlas.ti. The participants were students from the 2020 cohort in the English Language Education program at Universitas Brawijaya, with an A or B grade in Thesis Proposal Writing during the 2022/2023 academic year semester. The findings show that students in high and low achievers positively perceived Grammarly, noting that it helped them learn independently, boosted their confidence, and improved the quality of their academic writing. However, its optimal use requires integration with traditional learning methods and teacher guidance to achieve more holistic results in academic writing. This research suggests that further studies could observe participants using Grammarly as a self-assessment tool to provide a better comparison of the results between high and low achievers and explore the use of the free subscription by high achievers to understand their distinct perspectives compared to low achievers.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 052412 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 00:55 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 00:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/235891 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Laily Esna Hulwah Nabilah.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |