Analisis Minat Siswa Kelas XI SMAN 2 Malang Terhadap Bahasa Jepang Sebagai Mata Pelajaran Pilihan

AMALIA SETYAWAN, LOLA (2024) Analisis Minat Siswa Kelas XI SMAN 2 Malang Terhadap Bahasa Jepang Sebagai Mata Pelajaran Pilihan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa Kelas XI di SMAN 2 Malang terhadap bahasa Jepang sebagai mata pelajaran pilihan. Berdasarkan pengamatan awal, ditemukan variasi signifikan dalam minat siswa, di mana sebagian menunjukkan antusiasme dan keterlibatan aktif, sementara yang lain kurang berminat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui kuesioner tertutup dan terbuka. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor internal, seperti kematangan emosional, motivasi, dan perhatian siswa, berkontribusi positif terhadap minat belajar bahasa Jepang. Siswa menunjukkan tingkat kepercayaan diri yang tinggi (71,9%) dan tanggung jawab dalam pembelajaran (73,6%). Motivasi internal yang kuat juga teridentifikasi, dengan keinginan untuk berkomunikasi dalam bahasa Jepang (79,4%) dan minat terhadap budaya Jepang (70,4%). Selain itu, faktor eksternal seperti lingkungan belajar, metode pengajaran yang interaktif, dan dukungan sosial dari keluarga juga berperan penting dalam mempengaruhi minat siswa. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Jepang dipengaruhi oleh kombinasi faktor internal yang dominan seperti motivasi dan kepercayaan diri, serta didukung oleh faktor eksternal berupa lingkungan belajar yang kondusif.

Other obstract

本研究の目的は、 XI SMAN 2 Malangの生徒の日本語選択科目に対する興味 に影響を与える要因を特定することである。初期観察によると、生徒の興 味には大きな変動が見られ、一部の生徒は熱意と積極的な関与を示す一方 で、他の生徒は興味が低かった。研究方法は、閉鎖型および開放型アンケ ートによるデータ収集を伴う質的記述的アプローチを採用した。分析結果 によると、社会的成熟度や動機、生徒の注意などの内部要因が日本語学習 への興味に積極的に貢献していることが示された。生徒は高い自信レベル (71.9%)と学習における責任感(73.6%)を示した。また、日本語での コミュニケーションへの強い内的動機(79.4%)と日本文化への興味 (70.4%)も確認された。さらに、学習環境、インタラクティブな教授法 (78.3%)、家族からの社会的支援などの外部要因も、生徒の興味に重要 な役割を果たしていた。これらの発見に基づき、生徒の日本語学習への興 味は、動機や自信などの主要な内部要因の組み合わせによって影響を受 け、支持的な学習環境という外部要因によって補強されていることが分か った。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052412
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 05 Feb 2025 06:58
Last Modified: 05 Feb 2025 06:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/235879
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
LOLA AMALIA SETYAWAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item