Strategi Belajar Siswa Bahasa Jepang di SMKN 1 Batu dalam Kurikulum Merdeka

BAHARUDIN HEYKAL FAZRI, MUHAMAD (2024) Strategi Belajar Siswa Bahasa Jepang di SMKN 1 Batu dalam Kurikulum Merdeka. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi belajar siswa Bahasa Jepang di SMKN 1 Batu dan faktor yang memengaruhinya dalam konteks Kurikulum Merdeka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mencakup strategi belajar yang meliputi aspek sosial, kognitif, metakognitif, serta faktor-faktor yang memengaruhi pemilihan strategi belajar, seperti kecerdasan emosional, preferensi gaya belajar, dan pengaruh lingkungan belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sampel diambil dari siswa/i kelas XI Perhotelan 2 dan Peminatan Bahasa Jepang di SMKN 1 Batu, dengan total 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi belajar yang diterapkan siswa, termasuk strategi sosial dan kolaboratif, berpengaruh signifikan terhadap pemahaman mereka dalam mempelajari Bahasa Jepang.

Other obstract

この研究は、 SMKN 1 バトゥにおける日本語学習者の学習戦略と、 それに影響を与える要因を、メルデカカリキュラムの文脈で分析すること を目的とする。研究で使用される理論は、社会的、認知的、メタ認知的な 側面を含む学習戦略と、感情的知性、学習スタイルの好み、学習環境の影 響など、学習戦略の選択に影響を与える要因を含む。 研究方法は、ケーススタディアプローチを用いた質的記述研究であ る。サンプルは、 SMKN 1 バトゥのホテル経営科 2 年生と日本語専攻の学 生から抽出され、合計 40 人の学生が含まれる。 研究の結果、学生が適用する学習戦略、特に社会的および協働的戦 略が、日本語学習における理解に重要な影響を与えることが示される

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052412
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 05 Feb 2025 06:45
Last Modified: 05 Feb 2025 06:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/235875
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhamad Baharudin Heykal Fazri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item