SANDREENA OCTARINI, AISYAH (2024) Membaca Pengalaman Pramudi dan Pengguna dalam Menghadapi Perubahan Sistem Moda Transportasi Pada Mikrotrans Jak Lingko (JAK 32) di Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini mengkaji bagaimana pengalaman pramudi serta pengguna mikrotrans Jak Lingko (JAK 32) di Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan dalam menghadapi perubahan moda transportasi dapat terlihat dari bagaimana program Jak Lingko telah membawa transformasi signifikan dalam sistem transportasi umum di kota Jakarta. Kehadiran mikrotrans Jak Lingko sebagai pengganti angkutan kota (angkot) reguler menunjukan adanya transisi yang berfokus pada teknologi dan pelayanan yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode etnografi, yakni dengan observasi, wawancara mendalam, dan kajian literatur. Hasil penelitian menunjukan baik pihak pramudi dan pengguna sama-sama mendukung penuh adanya perubahan secara sistem pada mikrotrans, karena dinilai sangat membantu masyarakat luas khusunya masyarakat dari kalangan menengah kebawah untuk dapat mengakses transportasi umum dengan mudah dan terjangkau. Penggunaan teori transformasi transportasi dan teori pilihan rasional dari James Coleman dinilai sangat relevan dengan penelitian ini, karena melihat adanya perubahan yang begitu besar dampaknya dari pengalaman dari pihak pramudi dan pengguna.
English Abstract
This research examines how the experiences of drivers and users of the Jak Lingko microtrans (JAK 32) in Pesanggrahan District, South Jakarta in facing changes in transportation modes can be seen from how the Jak Lingko program has brought about a significant transformation in the public transportation system in the city of Jakarta. The presence of the Jak Lingko microtrans as a replacement for regular city transportation (angkot) shows a transition that focuses on technology and better service. This research was carried out with a qualitative approach using ethnographic methods, namely observation, in-depth interviews and literature review. The research results show that both drivers and users fully support the changes to the microtrans system, because they are considered to really help the wider community, especially people from the lower middle class, to be able to access public transportation easily and affordably. The use of transportation transformation theory and rational choice theory from James Coleman is considered very relevant to this research, because it sees changes that have had a huge impact on the experiences of drivers and users.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052412 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Antropologi Budaya |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 05:50 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 05:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/235866 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
SKRIPSI_FIB_AISYAH SANDREENA OCTARINI_205110807111017 - Aisyah Sandreena Octarini.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |