Dwi, Rafida and Prof. Dr. Sony Sukmawan, S.Pd., M.Pd. (2024) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Menggunakan Video Komedi Tunggal pada Siswa Kelas X SMKN 12 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kemampuan menulis bagian dari keterampilan dasar yang membekali peserta didik untuk memperluas wawasan berpikir kritis dan kreatif. Menyusun teks anekdot salah satunya dapat melatih peserta didik berpikir kreatif dalam menentukan pola gagasan secara humoris sekaligus selipan gagasan kritis. Namun, dalam menulis teks anekdot masih terdapat banyak peserta didik yang mengalami kesulitan (i) menentukan tema, (ii) menyampaian gagasan secara utuh sehingga cenderung hanya memberikan unsur lucu tanpa ada kritikannya, (iii) menguasai struktur teks anekdot yang tepat. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengeksplorasi penerapan media video komedi tunggal dalam upaya mengembangkan kemampuan dalam menulis teks anekdot. Video komedi tunggal dipilih karena mampu menyajikan unsur humor sekaligus sindiran sehingga membantu dalam penguasaan struktur dan isi teks. Desain penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Pada tiap siklusnya melibatkan perencanaan, tindakan, observasi, dan evaluasi. Data diperoleh melalui pengamatan, tes, dan wawancara. Sumber data penelitian yakni peserta didik kelas X Otomotif SMKN 12 Malang. Hasil penelitian menyajikan kemampuan menulis teks anekdot peserta didik SMKN 12 Malang setelah menggunakan media video komedi tunggal mengalami peningkatan dengan hasil rata-rata pada siklus I adalah 74,37% dan rata-rata pada siklus II sebesar 86,31%. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa video komedi tunggal yang memiliki keterkaitan dengan kehidupan seharihari dapat memperbaiki kemampuan menulis teks anekdot siswa
English Abstract
Writing skills are basic skills that equip students to expand their critical and creative thinking horizons. Composing anecdotal texts can train students to think creatively and determine humorous and critical idea patterns. However, in writing anecdotal texts, there are still many students who have difficulty (i) determining the theme, (ii) conveying ideas in their entirety so that they tend to only provide funny elements without criticism, and (iii) mastering the correct anecdotal text structure. The purpose of this study was to explore the application of single comedy video media in an effort to develop the ability to write anecdotal texts. Single comedy videos were chosen because they were able to present elements of humor as well as satire, thus helping in mastering the structure and content of the text. The research design was in the form of Classroom Action Research with two cycles. Each cycle involved planning, action, observation, and evaluation. Data were obtained through observation, tests, and interviews. The source of research data was students of class X Automotive at SMKN 12 Malang. The results of the study presented that the ability to write anecdotal texts of students at SMKN 12 Malang after using single comedy video media increased with an average result in cycle I of 74.37% and an average in cycle II of 86.31%. It can be said that single comedy videos that are related to everyday life can improve students' anecdotal text-writing skills.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052412 |
Uncontrolled Keywords: | Teks Anekdot, Video Komedi Tunggal, Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | S Sucipto |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 02:11 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 02:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/235832 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rafida Dwi Fatikasari.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |