xploring the Use of Instructional Scaffolding in Fostering EFL Student Writing Skills

RAHMA TIFFANI, DANNISA (2024) xploring the Use of Instructional Scaffolding in Fostering EFL Student Writing Skills. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menulis adalah keterampilan penting bagi siswa EFL, karena keterampilan ini digunakan secara luas tidak hanya untuk komunikasi tetapi juga untuk tujuan akademik. Kemampuan menulis sering dianggap sebagai indikator keberhasilan akademik di berbagai tingkat pendidikan, terutama dalam pelajaran bahasa Inggris. Salah satu tantangan umum bagi siswa adalah mengubah ide-ide mereka menjadi teks yang koheren dan mudah dibaca. Dalam konteks ini, guru memegang peran penting sebagai 'orang yang lebih berpengetahuan', dengan menawarkan scaffolding instruksional untuk mendukung pengembangan kemampuan menulis siswa. Scaffolding mengacu pada pemberian bantuan saat diperlukan dan secara bertahap mengurangi bantuan tersebut ketika siswa menjadi lebih mandiri. Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan scaffolding instruksional untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa EFL. Dengan menggunakan desain penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, analisis dokumen, dan wawancara. Partisipan terdiri dari empat siswa EFL yang memiliki pengalaman dengan strategi scaffolding dalam pelajaran bahasa Inggris mereka. Selain itu, data wawancara dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat strategi scaffolding instruksional diterapkan selama pelajaran bahasa Inggris. Strategi ini secara efektif mendukung siswa dalam mengatasi tantangan menulis, membantu mereka mengekspresikan diri dengan lebih baik dan lebih jelas. Selain itu, siswa memberikan respons positif terhadap pendekatan scaffolding, mengakui peran guru dalam memberikan bimbingan dan dukungan yang memadai untuk menghadapi materi yang kompleks.

English Abstract

Writing is a crucial skill for EFL students, as it is extensively used not only for communication but also for academic purposes. Proficiency in writing is often regarded as a marker of academic success at various educational levels, particularly in English lessons. A common challenge for students is transforming their ideas into coherent and readable text. In this context, teachers play a vital role as 'more knowledgeable persons', offering instructional scaffolding to support students' writing development. Scaffolding refers to providing assistance when needed and gradually withdrawing it as students become more independent. This study explores the use of instructional scaffolding to enhance EFL students' writing skills. Using a qualitative research design, data were collected through observations, document analysis, and interviews. The participants consisted of four EFL students who had experience with scaffolding strategies in their English lessons. Moreover, the interview data were analyzed using thematic analysis. The findings reveal that four instructional scaffolding strategies were applied during English lessons. These strategies effectively supported students in overcoming writing challenges, facilitating better expression and clarity. Additionally, students responded positively to the scaffolding approach, acknowledging the teacher's role in providing sufficient guidance and support to tackle complex material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052412
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 04 Feb 2025 03:12
Last Modified: 04 Feb 2025 03:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/235752
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dannisa Rahma Tiffani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item