High Schoolers' Perspectives Toward English Reading: Barriers And Strategies

Cantika Winona, Adristi (2024) High Schoolers' Perspectives Toward English Reading: Barriers And Strategies. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perspektif siswa sekolah menengah atas mengenai hambatan membaca yang mereka alami dan strategi membaca yang mereka gunakan ketika membaca teks bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan studi survei dan Skala Likert pada instrumen kuesioner. Populasi penelitian ini adalah 160 siswa dari delapan sekolah yang berbeda, 130 partisipan merupakan siswa kelas 11, dan 30 partisipan merupakan siswa kelas 12. Penelitian ini menggunakan SPSS dan Microsoft Excel untuk menganalisis data. Untuk hambatan, kosakata adalah yang paling mempengaruhi siswa ketika membaca teks bahasa Inggris. Pada pernyataan kedua belas yang memiliki angka mean tertinggi (2.94), siswa sangat setuju bahwa mereka menemukan kesulitan ketika membaca teks bahasa Inggris yang mengandung terminologi yang tidak mereka pahami. Angka rata-rata terendah (2,44), pada pernyataan kedua, siswa setuju bahwa kemampuan membaca yang buruk menyebabkan masalah dalam memahami materi dalam buku bahasa Inggris. Untuk strategi, banyak siswa yang menggunakan strategi pemecahan masalah untuk mengatasi hambatan yang mereka hadapi ketika membaca teks bahasa Inggris. Pada pernyataan sembilan memiliki angka rata-rata tertinggi (3,257), siswa sangat setuju bahwa mereka membaca ulang teks bahasa Inggris untuk meningkatkan pemahaman materi. Untuk angka rata-rata terendah (2,85), pada pernyataan keenam, para siswa setuju bahwa mereka biasa membaca sekilas teks untuk menentukan kalimat utama. Saran untuk guru, kombinasikan pengajaran dengan TIK atau buatlah klub buku untuk membantu siswa meningkatkan kosakata mereka. Untuk peneliti selanjutnya, perlu mempertimbangkan untuk menambahkan instrumen, seperti wawancara dengan pendekatan kualitatif untuk lebih memahami perspektif hambatan dan strategi membaca siswa

English Abstract

This study was conducted to find out the perspectives of high school students regarding the reading barriers they experienced and reading strategies they used when reading English texts. This research used survey study and Likert Scale on the instrument questionnaire. The population in were 160 students from eight different schools, 130 participants were 11th students, and 30 participants were 12th students. This study used SPSS and Microsoft Excel to analyze the data. For barriers, vocabulary is the most affects for students when reading English text. In twelfth statement which has the highest mean number (2.94), students strongly agree that they find difficulties when reading English texts that contain terminology whose meaning they do not understand. The lowest mean number (2.44), in the second statement, students agreed that poor reading skills cause issues in understanding material in English books. For the strategies, many students used problem solving strategies to overcome the barriers they faced when reading English texts. In the ninth statement has the highest mean number (3.257), students strongly agree that they reread the English texts to improve their comprehension of the material. For the lowest mean number (2.85), in the sixth statement, the students agreed that they used to skim the text to determine the main sentence. Suggestions for teachers, combine teaching with ICT or make book club to help students improve their vocabulary. For future researchers should consider adding instruments, such as interviews with the qualitative approach to better understand the perspectives of students’ reading barriers and strategies

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052412
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 04 Feb 2025 03:20
Last Modified: 04 Feb 2025 03:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/235680
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adristi Cantika Winona.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item