PUTRI FEBRIYANTI, Adelia (2024) Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Menggunakan Gosite Pada Siswa Kelas X LPKC 3 SMKN 2 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmapuan siswa dalam mengembangkan ide, kurangnya pemahaman tentang struktur teks anekdot, kesulitan dalam menggunakan bahasa yang efektif, dan kurangnya motivasi akibat media pembelajaran yang monoton. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni bagaimana upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot dengan menggunakan media pembelajaran Gosite pada siswa kelas X LPKC 3 SMKN 2 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Dengan sampel populasi sebanyak 36 siswa kelas X LPKC 3 SMKN 2 Malang. Setelah prosedur observasi selesai, siswa mendapatkan angket (kuisioner) sebagai bagian dari pendekatan pengumpulan data yang memadukan teknik observasi dengan pelaksanaan pembelajaran. Penggunaan media Gosite dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot pada proses dan hasil pembelajaran. Dengan menggunakan Gosite pembelajaran menjadi interaktif dan kolaboratif. Dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata siswa pada prasiklus sebesar 53,52, siklus I sebesar 75,79, dan siklus II 85,15. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Gosite dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X LPKC 3 SMKN 2 Malang pada pembelajaran menulis teks anekdot.
English Abstract
This research was motivated by students' inability to develop ideas, lack of understanding of anecdotal text structure, difficulty in using effective language, and lack of motivation due to monotonous learning media. The formulation of the problem in this research is how to improve the skills of writing anecdotal texts using Gosite learning media for class X LPKC 3 SMKN 2 Malang students. This research uses classroom action research (PTK) using a model developed by Kemmis and Mc. Taggart. With a sample population of 36 students of class X LPKC 3 SMKN 2 Malang. After the observation procedure is complete, students receive a questionnaire as part of a data collection approach that combines observation techniques with learning implementation. The use of Gosite media is carried out to improve skills in writing anecdotal texts on learning processes and outcomes. By using Gosite, learning becomes interactive and collaborative. This is proven by the results of the average student score in the pre-cycle of 53.52, cycle I of 75.79, and cycle II of 85.15. From the data obtained, it can be concluded that the use of Gosite media can improve the writing skills of class X LPKC 3 SMKN 2 Malang students in learning to write anecdote texts.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052412 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 03:20 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 03:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/235675 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
ADELIA PUTRI FEBRIYANTI.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |