Ferdaus, Ananda Yulia and Dr. Moh. Hasbullah Isnaini, S.Pd., M.Pd. (2024) Reading Strategies Used by Last-Year EFL Students Across Different Level of Achievements. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini menyelidiki penggunaan strategi membaca yang diterapkan oleh mahasiswa tahun terakhir yang belajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) dengan berbagai tingkat pencapaian. Penelitian ini didorong oleh pengakuan bahwa membaca sangat penting untuk akuisisi bahasa, namun banyak pelajar EFL menghadapi tantangan signifikan dalam pemahaman membaca, yang berdampak buruk pada kinerja akademis mereka. Meskipun berbagai studi menyoroti strategi membaca yang efektif, masih ada kesenjangan yang mencolok dalam memahami bagaimana strategi ini berbeda di antara siswa dengan tingkat pencapaian yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan metode membaca yang digunakan oleh siswa berprestasi tinggi dan rendah, sehingga memberikan wawasan berharga untuk meningkatkan praktik pendidikan dan dukungan bagi pelajar EFL. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara semi-terstruktur satu lawan satu dengan pertanyaan terbuka untuk mengumpulkan data tentang strategi membaca yang digunakan oleh mahasiswa EFL tahun terakhir dengan berbagai tingkat kinerja. Wawancara dipandu oleh serangkaian pertanyaan yang diadaptasi dari Survey of Reading Strategies yang dikembangkan oleh Mokhtari dan Sheorey, memastikan pendekatan yang terstruktur sambil memungkinkan fleksibilitas dalam tanggapan. Pendekatan kualitatif ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi membaca yang digunakan oleh mahasiswa di Universitas Brawijaya, dengan fokus khusus pada perbedaan antara siswa berprestasi tinggi dan rendah. Penelitian ini menyelidiki strategi membaca yang digunakan oleh mahasiswa tahun terakhir yang belajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) dengan berbagai tingkat pencapaian, mengungkap pola yang berbeda antara siswa berprestasi tinggi dan rendah. Siswa berprestasi tinggi secara efektif menggunakan kombinasi Strategi Membaca Pendukung (SUPP) dan Strategi Pemecahan Masalah (PSS) bersama dengan Strategi Membaca Global (GLOB), menunjukkan pendekatan proaktif untuk memahami dan mempertahankan informasi. Mereka melakukan tindakan persiapan seperti menganalisis judul dan meninjau konten, yang membantu mereka membangun dasar yang kuat untuk memahami teks. Sebaliknya, siswa berprestasi rendah terutama mengandalkan GLOB, seperti membuat prediksi dan mengaktifkan pengetahuan sebelumnya, tetapi sering berhenti pada pemahaman dasar tanpa keterlibatan lebih lanjut.Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan berharga bagi siswa untuk menerapkan strategi membaca yang efektif, serta bagi pendidik dan peneliti, yang berkontribusi pada pengembangan metode pengajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca dalam konteks EFL. Ketergantungan pada strategi yang kurang menuntut ini menunjukkan tingkat kemahiran membaca yang lebih rendah dibandingkan dengan siswa berprestasi tinggi.
English Abstract
This study investigates the usage of reading strategies employed by last-year English as a Foreign Language (EFL) students across different levels of achievement. This study is motivated by the recognition that reading is crucial for language acquisition, yet many EFL learners face significant challenges in reading comprehension, which adversely affects their academic performance. Despite various studies highlighting effective reading strategies, there remains a notable gap in understanding how these strategies differ among students of different achievement levels. The research aims to elucidate the reading methods employed by high and low achievers, thereby contributing valuable insights to enhance educational practices and support for EFL learners The study employed a one-on-one semi-structured interview technique with openended questions to gather data on the reading strategies used by final-year EFL students with varying performance levels. The interviews were guided by a set of questions adapted from the Survey of Reading Strategies developed by Mokhtari and Sheorey, ensuring a structured approach while allowing flexibility in responses. This qualitative approach aimed to identify and analyze the reading strategies employed by students at Universitas Brawijaya, particularly focusing on the differences between high-achieving and low-achieving students The research investigated the reading strategies employed by final-year English as a Foreign Language (EFL) students across different levels of achievement, revealing distinct patterns between high and low achievers. High-achieving students effectively used a combination of Support Reading Strategies (SUPP) and Problem-Solving Strategies (PSS) alongside Global Reading Strategies (GLOB), demonstrating a proactive approach to comprehend and retain information. They engaged in preparatory actions like analyzing titles and previewing content, which helped them establish a solid foundation for understanding texts. Conversely, low achievers primarily relied on GLOB, such as making predictions and activating prior knowledge, but often stopped at a basic understanding without further engagement. This reliance on less demanding strategies indicates a lower level of reading proficiency compared to the high-achievers. The findings are expected to provide valuable insights for students to employ effective reading strategies also for educators and researchers, contributing to the development of more effective teaching methods to improve reading skills in the EFL context.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 042412 |
Uncontrolled Keywords: | Reading Strategies, Extensive Reading, EFL learners’ reading, |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | S Sucipto |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 04:06 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 04:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/235601 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ananda Yulia Ferdaus.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |