Penggunaan Media Sosial Twitter dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Hobi dan Minat pada Fandom Anime Followers Akun Twitter @Japanmerchfess

Adena, Eleonora Gifthalia Christi and Reza Safitri, Ph.D (2024) Penggunaan Media Sosial Twitter dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Hobi dan Minat pada Fandom Anime Followers Akun Twitter @Japanmerchfess. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Twitter merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan untuk bertukar informasi. Banyaknya topik atau informasi yang ada, media satu ini menyajikan berbagai kemudahan bagi penggunanya untuk menyesuaikan kebutuhan informasi yang diinginkan pengguna, salah satunya melalui fitur komunitas twitter. Sehingga banyak komunitas virtual yang terbentuk sesuai dengan topik yang diminati pengguna, salah satunya adalah JapanMerchFess sebagai komunitas bagi pengguna yang memiliki hobi mengoleksi merchandise dari fandom anime. Dilandasi dari teori uses and gratification, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial twitter terhadap pemenuhan kebutuhan informasi hobi dan minat pada fandom anime pengikut akun JapanMerchFess menggunakan sampel 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media sosial twitter berpengaruh signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pengguna dengan indikator navigability sebagai indikator penggunaan media sosial yang paling dominan. Kemampuan twitter dalam menyediakan platform yang bebas dan mudah dijelajahi oleh penggunanya akan meningkatkan kepuasan pengguna dalam memenuhi kebutuhan informasi. Hasil ini mendukung asumsi bahwa terdapat gratifikasi baru dari teknologi digital yang tidak dirasakan dalam media tradisional

English Abstract

Twitter is a social media that is widely used to exchange information. There are many topics or information available, this media provides various conveniences for its users to adjust the information needs of users, one of which is through the Twitter community feature. So many virtual communities have been formed according to topics of interest to users, one of which is JapanMerchFess as a community for users who have a hobby of collecting merchandise from anime fandom. Based on the uses and gratifications theory, this research uses a quantitative method with an explanatory type of research which aims to determine the effect of using Twitter social media on fulfilling the information needs of hobbies and interests in anime fandom followers of the JapanMerchFess account using a sample of 100 respondents. The results of this research show that the use of Twitter social media has a significant effect on fulfilling users' information needs with the navigability indicator as the most dominant indicator of social media use. Twitter's ability to provide a platform that is free and easy for its users to navigate will increase user satisfaction in meeting information needs. These results support the assumption that there are new gratifications from digital technology that are not present in traditional media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Uncontrolled Keywords: Teori uses and gratification, media sosial, pemenuhan kebutuhan informasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S Sucipto
Date Deposited: 11 Feb 2025 03:13
Last Modified: 11 Feb 2025 03:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/235523
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Eleonora Gifthalia Christi Adena.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item