Rahmawati, Lutviana and Restu Karlina Rahayu, S.IP., M.Si., PH.D (2024) Analisis Rebranding ‘Kediri Berbudaya’ Melalui Pendekatan City Brand Equity. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini membahas elemen-elemen yang menjadi pondasi dari “Kediri Berbudaya” dengan menggunakan Teori City Brand Equity oleh Lucarelli yang meliputi tentang sejarah, bangunan, kegiatan, proses perencanaan, dan logo yang menjadi elemen penyokong city branding. Metode yang digunkan dalam pengumpulan data adalah wawancara, studi literatur, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik purpossive sampling dalam penentuan informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kabupaten Kediri memiliki sejarah yang menjadi ikon, yaitu Sri Aji Jayabaya. Selain itu, Kabupaten Kediri memiliki Monumen Simpang Lima Gumul yang menjadi ikon kota. Pada proses penyusunan branding dilakukan kerja sama dengan pihak ketiga, sehingga kurang terdapat kontribusi dari masyarakat. Strategi promosi “Kediri Berbudaya” dilakukan melalui sosial media, direct pro, dan melalui Duta Wisata. Logo “Kediri Berbudaya” juga disusun oleh pihak ketiga dan diletakkan di halaman Simpang Lima Gumul. Lima elemen city branding tersebut sudah menambah brand equity dari Kabupaten Kediri melalui “Kediri Berbudaya”.
English Abstract
This research discusses the elements that are the foundation of "Kediri Berbudaya" using Lucarelli's City Brand Equity Theory which includes history, buildings, activities, planning processes and logos which are supporting elements of city branding. The methods used in data collection were interviews, literature studies and documentation, as well as using purposive sampling techniques in determining informants. The results of this research show that Kediri Regency has a historical icon, namely Sri Aji Jayabaya. Apart from that, Kediri Regency has the Simpang Lima Gumul Monument which is an icon of the city. The branding process was carried out in collaboration with third parties, so there was less contribution from the community. The promotional strategy for "Kediri Berbudaya" is carried out through social media, direct pro, and through Tourism Ambassadors. The “Kediri Berbudaya” logo was also prepared by a third party and placed on the Simpang Lima Gumul page. These five elements of city branding have increased the brand equity of Kediri Regency through "Kediri Berbudaya".
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Uncontrolled Keywords: | City Branding, Kediri Berbudaya, Sejarah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | S Sucipto |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 03:40 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 03:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/235474 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lutviana Rahmawati.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |