Modifikasi Ethnic Identity Scale

Hernanda, Adelia Firsty and Sukaesi Marianti, S.Psi., M.Si., Ph.D (2023) Modifikasi Ethnic Identity Scale. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adanya efek metode pada EIS merupakan bias yang dapat mengancam validitas yang dapat muncul salah satunya disebabkan oleh penggunaan metode item favorabel-unfavorabel seperti yang digunakan pada EIS. Selain itu, EIS sendiri dapat dikatakan sebagai tes yang pendek, mengingat item hanya berjumlah 17 untuk 3 dimensi dimana salah satu dimensinya hanya memiliki 4 item dan reliabilitas EIS berkisar antara 0.77-0.88, yang meskipun telah memiliki reliabilitas yang baik, namun dapat ditingkatkan untuk mencapai reliabilitas yang sangat baik guna mereduksi error. Penelitian ini bertujuan untuk memodifikasi item ethnic identity scale dengan menambahkan item baru dan mengubah item unfavorabel menjadi favorabel agar dapat meningkatkan validitas dan reliabilitas dari alat ukur. Penelitian ini melibatkan 400 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Malang yang berusia 15 sampai 18 tahun. Analisis data dilakukan menggunakan teknik Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan Cronbach’s Alpha dengan menggunakan aplikasi Rstudio versi 4.0.2 yang memiliki bahasa pemrograman R dengan bantuan tiga package yaitu lavaan package, semPlot package dan psych package. Penelitian ini menghasilkan skala modifikasi EIS sejumlah 22 item yang seluruhnya item favorabel dan merupakan konstruk yang bersifat multidimensional correlated dimension. EIS hasil modifikasi ini juga memiliki reliabilitas alpha yang sangat tinggi sebesar 0.906. Oleh karena itu, penelitian ini telah mengatasi adanya efek metode pada EIS melalui penggunaan hanya item favorabel dan menambahkan beberapa item yang mampu membuat sebaran item pada masing-masing dimensi tidak terlalu sedikit dan mampu meningkatkan reliabilitas.

English Abstract

The method effect in EIS is a bias that can threaten validity, which can arise one of them due to the use of the favorable-unfavorable item method as used in EIS. In addition, EIS can be said to be a short test, considering that there are only 17 items for 3 dimensions where one of the dimensions only has 4 items and the reliability of EIS ranges from 0.77-0.88, although it has good reliability, but can be improved to achieve excellent reliability to reduce errors. This study aims to modify the ethnic identity scale items by adding new items and changing unfavorable items to favorable in order to increase the validity and reliability of the measuring instrument. This study involved 400 high school students in Malang aged 15 to 18 years. Data analysis was conducted using Confirmatory Factor Analysis (CFA) and Cronbach's Alpha techniques using the Rstudio version 4.0.2 application which has the R programming language with the help of three packages namely lavaan package, semPlot package and psych package. This study produced a modified EIS scale of 22 items, all of which were favorable items and were constructs that were multidimensional correlated dimensions. The modified EIS also has a very high alpha reliability of 0.906. Therefore, this study has overcome the method effect on the EIS through the use of only favorable items and adding some items that can make the distribution of items on each dimension less and can increase reliability.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052311
Uncontrolled Keywords: confirmatory factor analysis, cronbach’s alpha, efek metode, panjang tes, ethnic identity scale
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: S Sucipto
Date Deposited: 31 Jan 2025 02:15
Last Modified: 31 Jan 2025 02:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/235459
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adelia Firsty Hernanda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item