Pengaruh Sikap Konsumen pada Brand Ambassador terhadap Kecenderungan Pembelian Produk Tinted Lip Balm (Mediator Global Brand Positioning): Survei pada Czennie Indonesia

Marchelita, Shafa Erin and Maya Diah Nirwana, S.Sos.,M.Si (2024) Pengaruh Sikap Konsumen pada Brand Ambassador terhadap Kecenderungan Pembelian Produk Tinted Lip Balm (Mediator Global Brand Positioning): Survei pada Czennie Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menggunakan kajian Consumer Culture Theory untuk memahami bagaimana konsumsi produk dipengaruhi oleh konteks sosial dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh sikap konsumen pada Brand Ambassador terhadap kecenderungan pembelian produk global, yaitu Tinted Lip Balm dimediasi global brand positioning. Metode penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan metode survei. Data diperoleh melalui purposive sampling, yaitu Fans NCT 127 atau Czennie di Pulau Jawa dengan jumlah 175 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis dengan CB-SEM pada aplikasi IBM SPSS Amos 26 dan IBM SPSS 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecenderungan pembelian dan global brand positioning memediasi hubungan antara sikap konsumen terhadap kecenderungan pembelian. Implikasi teoritis dari penelitian ini dapat menambah literatur mengenai CCT dan implikasi praktis dari penelitian ini dapat diaplikasikan pada strategi komunikasi pemasaran yang lebih efektif untuk memperkuat global brand positioning pada benak konsumen melalui elemen budaya.

English Abstract

This research uses Consumer Culture Theory studies to understand how product consumption is influenced by social and cultural contexts. This study aims to examine the effect of consumer attitudes on Brand Ambassadors on the tendency to purchase global products, namely Tinted Lip Balm mediated by global brand positioning. This research method uses a positivistic paradigm with a survey method. Data was obtained through purposive sampling, namely NCT 127 fans or Czennie in Java Island with 175 respondents. The data analysis technique used in this study is path analysis with CB-SEM in the IBM SPSS Amos 26 and IBM SPSS 27 applications. The results of this study indicate that consumer attitudes have a positive and significant effect on purchasing tendencies and global brand positioning mediates the relationship between consumer attitudes and purchasing tendencies. The theoretical implications of this research can add to the literature on CCT and the practical implications of this research can be applied to a more effective marketing communication strategy to strengthen global brand positioning in the minds of consumers through cultural elements.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Uncontrolled Keywords: Sikap Konsumen, Kecenderungan Pembelian, Global Brand Positioning, Consumer Culture Theory.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S Sucipto
Date Deposited: 31 Jan 2025 01:46
Last Modified: 31 Jan 2025 01:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/235448
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Shafa Erin Marchelita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item