Aisyah, Nadila Zahro and Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn., M.Ds. and Dwi Cahya Astriya Nugraha, S.Kom., M.Kom. (2024) Optimalisasi Pengalaman Pengguna Aplikasi Primaku di Wilayah Semi Urban Melalui Pendekatan Design Thinking. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Primaku adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) untuk memantau tumbuh kembang anak sebagai upaya menurunkan stunting di Indonesia. Namun, pengguna aplikasi Primaku di wilayah semi-urban sering merasa kewalahan dengan kompleksitas fitur aplikasi ini, sehingga banyak dari mereka yang berhenti menggunakan aplikasi Primaku dan kembali ke metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kebutuhan pengguna di wilayah semi-urban dan merancang ulang user interface dan user experience aplikasi Primaku agar lebih intuitif dan ramah pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan design thinking yang dilakukan melalui lima tahap: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Metodologi evaluasi yang diterapkan berupa contextual inquiry melalui observasi dan wawancara untuk mendapatkan wawasan mendalam yang relevan dengan konteks penggunaan. Pada tahap empathize, peneliti menemukan bahwa masalah utama terjadi pada tahap awal penggunaan aplikasi, di mana pengguna di daerah semiurban merasa overwhelming oleh banyaknya fitur, yang mengakibatkan hilangnya motivasi untuk mengeksplorasi aplikasi Primaku lebih lanjut. Solusi yang diusulkan di penelitian ini, meliputi penyederhanaan antarmuka homepage, pengenalan fitur melalui product tour berbasis rekomendasi (intuitive walkthrough), dan implementasi pull revelation widget untuk memicu pengguna melakukan lebih banyak aksi di dalam aplikasi Primaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain baru yang diusulkan meningkatkan pengalaman pengguna. Hal ini dibuktikan dengan tiga success metrics yang telah ditetapkan. Pertama, pada testing desain baru, seluruh responden testing berhasil menyelesaikan product tour homepage. Hal ini membuktikan bahwa product tour yang dibuat sudah cukup inklusif dan ramah pengguna. Kedua, waktu untuk menginput data pertumbuhan pada desain solusi (18 detik) lebih cepat 4 detik dibandingkan desain lama (22 detik). Ketiga, pengguna lebih termotivasi untuk mengakses lebih banyak fitur pada desain baru dimana pada desain baru pengguna mengakses 2 sampai 3 fitur lebih banyak daripada di desain lama. Berdasarkan wawancara testing, desain solusi membuat pengguna merasa lebih mudah memahami konteks penggunaan aplikasi dan lebih termotivasi untuk memanfaatkan fitur Primaku.
English Abstract
Primaku is an application developed by the Indonesian Pediatric Society (Ikatan Dokter Anak Indonesia - IDAI) to monitor child development as part of efforts to reduce stunting in Indonesia. However, users in semi-urban areas often feel overwhelmed by the complexity of the application's features, leading many to discontinue using Primaku and revert to conventional methods. This study aims to understand the needs of users in semi-urban areas and redesign the user interface (UI) and user experience (UX) of the Primaku application to make it more intuitive and user-friendly. The study adopts a design thinking approach, implemented through five stages: empathize, define, ideate, prototype, and test. The evaluation methodology includes contextual inquiry through observation and interviews to gain in-depth insights relevant to the context of use. During the empathize stage, researchers identified that the main issue occurred during the initial use of the application, where semi-urban users felt overwhelmed by the abundance of features, leading to a loss of motivation to explore Primaku further. The proposed solutions in this study include simplifying the homepage interface, introducing features through a recommendation-based product tour (intuitive walkthrough), and implementing pull revelation widgets to encourage users to take more actions within the application. The study's findings show that the proposed new design improves user experience, as evidenced by three predefined success metrics. First, in testing the new design, all test respondents successfully completed the homepage product tour, demonstrating that the product tour was sufficiently inclusive and user-friendly. Second, the time required to input growth data in the redesigned solution (18 seconds) was 4 seconds faster than the previous design (22 seconds). Third, users are more motivated to access more features in the new design where in the new design users access 2 to 3 more features than in the old design. Based on the testing interviews, the design solution makes users feel easier to understand the context of using the application and more motivated to utilize Primaku features.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052415 |
Uncontrolled Keywords: | Primaku, user interface, user experience, design thinking, product tour, contextual inquiry |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | S Sucipto |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 01:32 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 01:32 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/235295 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nadila Zahro Aisyah.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |