Pengaruh Implementasi ProblemBased Learning Berbantuan Sumber Belajar Digital pada Mata Pelajaran Instalasi Perangkat Jaringan

Afranita, Yanuarin Salwa and Ir. Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. and Uun Hariyanti, S.Pd., M.Pd., Ph.D. (2024) Pengaruh Implementasi ProblemBased Learning Berbantuan Sumber Belajar Digital pada Mata Pelajaran Instalasi Perangkat Jaringan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan abad 21 menutut siswa untuk memiliki beberapa kompetensi yang melibatkan keaktifan, kolaborasi, berpikir kritis, serta pemecahan masalah. Hal ini menjadi tantangan bagi guru untuk menciptakan suasana belajar yang mendukung dengan memilih model pembelajaran yang tepat. Untuk mendukung pencapaian kompetensi pendidikan abad 21, model problem-based learning dapat menjadi pilihan. Model ini tidak hanya berfokus pada siswa, tetapi mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Selain itu, guru juga perlu memperhatikan sumber belajar yang efektif, seperti sumber belajar digital, yang mampu meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi problem-based learning berbantuan sumber belajar digital pada mata pelajaran Instalasi Perangkat Jaringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif weak experimental dengan static group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 3 Malang dengan teknik purposive sampling melibatkan kelas eksperimen yaitu XI TKJ Wirausaha dan kelas kontrol yaitu XI TKJ Akademik dengan masing-masing siswa dalam kelasnya 20 siswa. Data penelitian diperoleh melalui tes dan kuesioner. Hasil analisis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) untuk hasil belajar kognitif dan psikomotorik masing-masing sebesar 0,00 dengan effect size -1,01 dan 1,05. Sedangkan nilai Sig. (2-tailed) untuk motivasi belajar sebesar 0,18. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar kognitif dengan pengaruh kuat arah negatif, ada perbedaan hasil belajar psikomotorik dengan pengaruh kuat, dan tidak ada perbedaan motivasi belajar siswa dalam implementasi problem-based learning berbantuan sumber belajar digital pada mata pelajaran Instalasi Perangkat Jaringan.

English Abstract

21st century education requires students to have several competencies that involve activeness, collaboration, critical thinking, and problem solving. This is a challenge for teachers to create a supportive learning atmosphere by choosing the right learning model. To support the achievement of 21st century education competencies, problem-based learning model can be an option. This model not only focuses on students, but is able to develop critical and creative thinking skills. In addition, teachers also need to pay attention to effective learning resources, such as digital learning resources, which can improve learning outcomes. This study aims to determine the effect of the implementation of problem-based learning assisted by digital learning resources in the subject of Network Device Installation. This research uses a quantitative weak experimental approach with a static group pretest-posttest design. The research was conducted at SMK Negeri 3 Malang with purposive sampling technique involving the experimental class, namely XI TKJ Wirausaha and the control class, namely XI TKJ Akademik with 20 students in each class. Research data were obtained through tests and questionnaires. The analysis results show the value of Sig. (2- tailed) for cognitive and psychomotor learning outcomes of 0,00 with an effect size of -1,01 and 1,05, respectively. While the Sig. (2-tailed) value for learning motivation is 0,18. The conclusion of this study is that there are differences in cognitive learning outcomes with a strong negative effect, there are differences in psychomotor learning outcomes with a strong effect, and there are no differences in student motivation in the implementation of problem-based learning assisted by digital learning resources in the subject of Network Device Installation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052415
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, instalasi perangkat jaringan, motivasi belajar, problembased learning, sekolah menengah kejuruan, sumber belajar digital.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: S Sucipto
Date Deposited: 12 Feb 2025 04:48
Last Modified: 12 Feb 2025 04:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/235226
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yanuarin Salwa Afranita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Actions (login required)

View Item View Item