Hubungan Antara Kecerdasan Logis Matematis Dan Hasil Belajar Siswa Smk Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar

Hasanah, Dian Nurita and Ir. Admaja Dwi Herlambang, S. Pd., M. Pd and Ir. Tri Afirianto, S. T., M. T. (2024) Hubungan Antara Kecerdasan Logis Matematis Dan Hasil Belajar Siswa Smk Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) merupakan jenjang untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan khusus untuk memasuki dunia kerja. Terdapat faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi hasil belajar, salah satunya adalah kecerdasan logis matematis. Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kecerdasan logis matematis dan hasil belajar pada mata pelajaran konseptual seperti matematika, fisika, dan kimia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam mata pelajaran Pemrograman Dasar. Pendekatan kuantitatif dengan desain analisis statistika deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Populasi terdiri dari 268 siswa kelas X dari SMK 3, SMK 4, dan SMK 5 Kota Malang. Sampel diambil menggunakan teknik sampel kriteria dengan jumlah minimal sampel dihitung menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh 81 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui dokumentasi hasil belajar dari guru serta tes untuk mengukur kecerdasan logis matematis. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan teknik uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,351 yang lebih besar dari rtabel (0,1818) pada tingkat signifikansi 5%, dengan nilai signifikan 0,001. Hal ini mengindikasikan adanya hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pemrograman Dasar, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Temuan ini menegaskan bahwa kecerdasan logis matematis memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar. Hubungan yang positif menunjukkan bahwa ketika kecerdasan

English Abstract

Vocational High Schools (SMK) are designed to prepare students with specific skills for entering the workforce. Internal and external factors influence learning outcomes, one of which is logical-mathematical intelligence. Several studies have shown a correlation between logical-mathematical intelligence and learning outcomes in conceptual subjects such as mathematics, physics, and chemistry. This study aims to analyze the correlation between logical-mathematical intelligence and learning outcomes of Vocational High School (SMK) students in the Basic Programming subject. A quantitative approach with a descriptive statistical analysis design was employed in this research. The population consisted of 268 tenth-grade students from SMK 3, SMK 4, and SMK 5 in Malang City. The sample was selected using purposive sampling, and the minimum sample size was calculated using the Slovin formula, resulting in 81 students. Research data were collected through documentation of learning outcomes from teachers and tests to measure logical-mathematical intelligence. Hypothesis testing was conducted using the Pearson Product Moment correlation test. The results showed a correlation coefficient (r) of 0.351, which is greater than the critical value (r-table) of 0.1818 at a 5% significance level, with a significance value of 0.001. This indicates a significant positive correlation between logical-mathematical intelligence and students' learning outcomes in the Basic Programming subject, leading to the acceptance of the alternative hypothesis (Ha). These findings affirm that logical-mathematical intelligence has a positive and significant correlation with students' learning outcomes in the Basic Programming subject. The positive correlation suggests that as logical-mathematical intelligence increases, students' learning outcomes also improve.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052415
Uncontrolled Keywords: Sekolah Menengah Kejuruan, Kecerdasan Logis Matematis, Hasil Belajar, Pemrograman Dasar, Analisis Hubungan.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: S Sucipto
Date Deposited: 17 Jan 2025 07:34
Last Modified: 17 Jan 2025 07:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/235062
[thumbnail of DALA MASA EMBARGO] Text (DALA MASA EMBARGO)
Dian Nurita Hasanah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Actions (login required)

View Item View Item