Yanuarriski, Yovika Winda and Ns. Muhammad Sunarto, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.J. (2024) Hubungan Kualitas Interaksi antara Anak dan Oarang tua Gangguan Jiwa dengan Prestasi Akademik Anak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Gangguan jiwa merupakan masalah kesehatan masyarakat yang signifikan, yang tidak hanya mempengaruhi individu tetapi juga keluarga dan lingkungan mereka. Orang tua dengan gangguan jiwa sering kali kesulitan memberikan kasih sayang dan dukungan yang memadai kepada anak-anak mereka, sehingga berdampak negatif pada prestasi akademik anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas interaksi antara anak dan orang tua gangguan jiwa dengan prestasi akademik anak di Kabupaten Malang, Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional, dengan metode purposive sampling dengan total 62 responden. Uji yang dilakukan yaitu uji korelasi Spearman’s rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar 74.2 % memiliki kualitas interaksi antara anak dan orang tua gangguan jiwa dalam kategori renggang, dan 46.8 % prestasi akademik anak dengan orang tua gangguan jiwa di bawah rata-rata atau dalam kategori kurang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kualitas interaksi anak dan orang tua gangguan jiwa dengan prestasi akademik anak dengan p-value 0.003 < 0.05. Penelitian ini memiliki koefisien korelasi 0.372 yang artinya memiliki kekuatan hubungan cukup dan arah hubungan yang positif yang menunjukkan bahwa anak yang memiliki kualitas interaksi erat dengan orang tua gangguan jiwa cenderung memiliki prestasi akademik yang lebih tinggi. Hasil penelitian ini menggarisbawahi perlunya profesional kesehatan mental, pendidik, pembuat kebijakan untuk bekerja sama menggembangkan dan menerapkan intervensi yang mendorong hubungan anak dan orang tua untuk mendukung keberhasilan prestasi akademik anak anak yang memiliki orang tua gangguan jiwa.
English Abstract
Mental disorders are a significant public health problem, affecting not only individuals but also their families and communities. Parents with mental disorders often have difficulty providing adequate love and support to their children, which negatively impacts their children's academic achievement. This study aims to determine the relationship between the quality of interaction between children and parents with mental disorders and children's academic achievement in Malang Regency, Indonesia. This study used a cross-sectional design, with a purposive sampling method with a total of 62 respondents. The test used was the Spearman's rank correlation test. The results showed that most of the 74.2% had a quality of interaction between children and parents with mental disorders in the loose category, and 46.8% of the academic achievement of children with parents with mental disorders was below average or in the poor category. The results showed that there was a relationship between the quality of interaction between children and parents with mental disorders and children's academic achievement with a pvalue of 0.003 <0.05. This study has a correlation coefficient of 0.372, which means it has sufficient relationship strength and a positive relationship direction, indicating that children who have close interaction quality with parents with mental disorders tend to have higher academic achievement. The results of this study underscore the need for mental health professionals, educators, and policy makers to work together to develop and implement interventions that encourage child-parent relationships to support the success of academic achievement of children with parents with mental disorders.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524160240 |
Uncontrolled Keywords: | Gangguan jiwa, Kualitas interaksi anak dan orang tua, Prestasi akademik-Mental disorders, Parent-child interaction, Academic achievement |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 07:19 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 07:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/235010 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yovika Winda Yanuarriski.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |