Ensi, Yasinta Nona and Ns. Annisa Wuri Kartika, S.Kep., M.Kep.,Sp.Kep.Kom (2024) Perbedaan Intervensi Support Group Dan Pendidikan Kesehatan Terhadap Sikap Remaja Putri Tentang Perilaku Seks Bebas Di SMK X Sikka-NTT. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perilaku seks bebas dikalangan remaja putri, memberikan dampak negatif pada diri remaja, keluarga, institusi pendidikan, layanan kesehatan, serta lingkungan sosial. Aktivitas ini mencakup hubungan seksual diluar pernikahan. Salah satu strategi preventif yang dapat dilakukan adalah dengan intervensi support group yang dapat memberikan dukungan emosional dan informatif bagi remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengaruh intervensi support group dan pendidikan kesehatan terhadap sikap remaja putri tentang perilaku seks bebas. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan model quasi-experiment jenis nonequivalent control group design dan teknik total sampling. Responden penelitian ini berjumlah 30 orang terbagi dalam dua kelompok, intervensi dan kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner sikap yang meliputi tiga komponen yaitu komponen kognitif, komponen afektif dan komponen konatif. Kelompok intervensi diberikan kegiatan support group sebanyak empat kali pertemuan, sedangkan kelompok kontrol dilakukan satu kali penyuluhan kesehatan. Uji statistik yang digunakan adalah Mann-Whitney Test. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok dengan p value 0,01 dan perbedaan mean sebesar -11,867, mengindikasikan bahwa intervensi support group lebih efektif dalam meningkatkan sikap remaja putri tentang perilaku seks bebas dibandingkan pendidikan kesehatan. Disarankan agar model support group diterapkan dalam program pendidikan kesehatan seksual di sekolah, untuk memberikan informasi dan dukungan emosional.
English Abstract
Free sex behavior among adolescent girls has a negative impact on adolescents, families, educational institutions, health services, and the social environment. This activity includes sexual relations outside of marriage. One preventive strategy that can be done is through support group interventions that can provide emotional and informative support for adolescents. This study aims to analyze the differences in the influence of support group interventions and health education on the attitudes of adolescent girls about free sex behavior. This study uses a quantitative design with a quasi-experimental model of the nonequivalent control group design type and a total sampling technique. The respondents in this study were 30 people who were divided into two groups, intervention and control. The instrument used was an attitude questionnaire that included three components, namely cognitive components, affective components and conative components. The intervention group was given four support group activities, while the control group was given one health counseling session. The statistical test used was the Mann-Whitney Test. The results showed a significant difference between the two groups with a p value of 0.01 and a mean difference of -11.867, indicating that the support group intervention was more effective in improving the attitudes of adolescent girls about free sex behavior than health education. It is recommended that the support group model be applied in sexual health education programs in schools, to provide information and emotional support.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524160238 |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Kesehatan; Perilaku Seks Bebas; Remaja Putri; Sikap; Support Group-Health Education; Free Sex Behavior; Adolescent Girls; Attitude; Support Group |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 07:20 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 07:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/235005 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yasinta Nona Ensi.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |