Konsep modern pada Perancangan Interior TK Wijaya Kusuma IV untuk Aksesibilitas Mandiri Siswa Berkebutuhan Khusus

Riza, Mochammad Dwiky and Citra Dewi Megawati, S.Sn., M.T. (2024) Konsep modern pada Perancangan Interior TK Wijaya Kusuma IV untuk Aksesibilitas Mandiri Siswa Berkebutuhan Khusus. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap orang Indonesia berhak mendapatkan pendidikan, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus. Pendidikan prasekolah merupakan salah satu kebutuhan terpenting untuk tumbuh kembang anak. TK Inklusi Wijaya Kusuma IV ialah sekolah inklusi yang mendidik anak-anak dengan segala kemampuan. Pendidikan inklusif di Taman Kanak-Kanak Wijaya Kusuma IV merupakan pendidikan yang mempertemukan seluruh anak dalam suatu lingkungan belajar dan memberikan layanan pendidikan yang memenuhi kebutuhan individu siswaMenerapkan konsep interior yang dapat meningkatkan aksesibilitas serta sesuai untuk anak berkebutuhan khusus Untuk mengumpulkan data penting untuk penelitian ini, teknik deskriptif. Karena data yang dikumpulkan bukan bersifat numerik, melainkan berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumentasi pribadi, serta surat-surat resmi yang dapat dijadikan referensi. Dalam menggunakan metode kualitatif diharapkan peneliti dapat gambaran realita yang terjadi di lapangan secara mendalam, rinci dan tuntas. Pendekatan pengumpulan data yang digunakan adalah kombinasi analisis deskriptif. Temuan penelitian kualitatif menekankan pada penalaran dan makna luas, yang menghasilkan kesimpulan.Setelah melihat penjelasan permasalahan pada interior Tk Wijaya Kusuma IV, didapati kesimpulan bahwa terdapat berbagai ruang yang harus dilakukan perancangan ulang seperti pada pagian kamar mandi yang terpisah dari bangunan utama, area ruang guru yang hanya di beri pembatas, area ruang kelas yang perlu penataan dan perubahan pada furniture yang sudah termakan usia. Dan belum terpenuhinya fasilitas yang mendukung untuk anak berkebutuhan khusus di Tk Wijaya Kusuma IV.

English Abstract

Every Indonesian has the right to education, including those with special needs. Preschool education is one of the most important needs for children's growth and development. Wijaya Kusuma IV Inclusion Kindergarten is an inclusive school that educates children of all abilities. Inclusive education at the Wijaya Kusuma IV Kindergarten is education that brings together all children in a learning environment and provides educational services that meet individual student needs. Applying interior concepts that can increase accessibility and are suitable for children with special needs. To collect important data for this research, techniques descriptive. Because the data collected is not numerical, but comes from interview scripts, field notes, personal documentation, and official letters that can be used as references. In using qualitative methods, it is hoped that researchers can describe the reality that occurs in the field in depth, detail and completeness. The data collection approach used is a combination of descriptive analysis. Qualitative research findings emphasize reasoning and broad meaning, which results in conclusions. After looking at the explanation of the problems in the interior of Wijaya Kusuma IV Kindergarten, it was concluded that there are various spaces that need to be redesigned, such as the bathroom area which is separate from the main building, the teacher's room area which only has boundaries, classroom areas that need arrangement and changes to furniture that is old. And there are no supporting facilities for children with special needs at Kindergarten Wijaya Kusuma IV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Sekolah, Inklusi, Aksesibilitas
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: S Sucipto
Date Deposited: 16 Jan 2025 02:16
Last Modified: 16 Jan 2025 02:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/234922
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mochammad Dwiky Riza.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item