Annasyid, Farah Diva and Sovia Rosalin, A.Md., S.AP., S.Kom., M.AB. (2024) Implementasi Facebook Ads dalam Meningkatkan Engagement Rate UMKM Mood Maker. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Mood Maker adalah UMKM yang terletak di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Menurut pengelola usaha, meskipun telah memiliki basis pelanggan setia dan reputasi yang baik di kalangan masyarakat lokal Mood Maker menghadapi tantangan dimana konten yang terdapat di media hanya memiliki sedikit interaksi dan masih berada di tingkat rata-rata. Berkembangnya teknologi pemasaran internet menghadirkan sebuah fitur iklan berbayar untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya adalah Facebook Ads. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk memberikan solusi dengan Implementasi Facebook Ads untuk meningkatkan engagement rate pada UMKM Mood Maker. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan studi Pustaka. Hasil implementasi tugas akhir berhasil meningkatkan engagement rate pada akun Instagram Mood Maker sebanyak 1,07% dari sebelum penggunaan Facebook Ads 2,23% menjadi 4,63%. Facebook Ads merupakan alat yang efektif untuk meningkatkan engagement rate pada UMKM jika strategi perencanaan dan pengunggahan dilakukan dengan tepat. Diharapkan UMKM Mood Maker terus mengikuti perkembangan pemasaran dan memanfaatkan aplikasi atau perangkat lunak yang dapat membantu dan memiliki performa yang lebih maksimal. Pembuatan kampanye dan iklan juga harus dilakukan berdasarkan tahap perencanaan terlebih dahulu.
English Abstract
Mood Maker is a micro, small, and medium enterprise (MSME) located in Jombang Regency, East Java. According to the business manager, despite having a loyal customer base and a good reputation among the local community, Mood Maker faces challenges as the content on its media channels receives minimal interaction and remains at an average level. The development of internet marketing technology offers a paid advertising feature to address this issue, one of which is Facebook Ads. This final project aims to provide a solution through the implementation of Facebook Ads to increase the engagement rate for Mood Maker MSME. The research method uses a qualitative approach with data collection through observation, interviews, and literature review. The results of the implementation successfully increased the engagement rate on Mood Maker's Instagram account by 1.07%, from 2.23% before using Facebook Ads to 4.63%. Facebook Ads is an effective tool for improving the engagement rate for MSMEs when planning and posting strategies are executed correctly. It is recommended that Mood Maker MSME continues to stay updated with marketing trends and utilize applications or software that can assist in achieving optimal performance. Campaign and ad creation should also be carried out based on a well-thought-out planning stage.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Uncontrolled Keywords: | Facebook Ads, Engagement Rate, Facebook, Instagram |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | S Sucipto |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 02:01 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 02:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/234915 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Farah Diva Annasyid.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |