Investigasi Pengaruh Perbedaan Intensitas Cahaya Pada Performansi Pengendara Forklift Menggunakan Simulator Driving Vision

Nurbi, Rahma Sabilah and Prof. Sugiono, ST., MT., Ph.D. and Prof. Dr. Eng. Mega Nur Sasongko, ST., MT. (2024) Investigasi Pengaruh Perbedaan Intensitas Cahaya Pada Performansi Pengendara Forklift Menggunakan Simulator Driving Vision. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keselamatan dan performansi berkendara merupakan isu global yang memengaruhi berbagai sektor, termasuk industri manufaktur. Dalam konteks operasional forklift, intensitas cahaya menjadi salah satu faktor lingkungan yang berpengaruh signifikan terhadap visibilitas, fokus, dan keselamatan operator. Perubahan intensitas cahaya dapat memengaruhi kemampuan visual, kognitif, dan respons pengendara, sehingga berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan di tempat kerja. Meskipun pencahayaan telah dikenal sebagai elemen penting dalam ergonomi industri, penelitian yang secara spesifik mengkaji dampaknya terhadap performansi pengendara forklift masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh perbedaan intensitas cahaya (3 lux, 50 lux, 300 lux, 500 lux, dan 1000 lux) terhadap performansi pengendara forklift dalam simulasi menggunakan driving simulator. Fokus utama penelitian adalah memahami hubungan antara intensitas cahaya dan aktivitas otak (menggunakan data EEG) yang mencerminkan tingkat fokus, kelelahan, dan kesadaran situasional operator. Penelitian ini juga memanfaatkan kuesioner NASA-TLX untuk mengevaluasi beban kerja mental responden. Penelitian dilakukan dalam lingkungan terkendali menggunakan driving simulator yang mensimulasikan kondisi nyata di industri manufaktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan intensitas cahaya memiliki pengaruh signifikan terhadap performansi pengendara forklift. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas cahaya yang optimal untuk mendukung performansi berada pada intensitas cahaya 500 lux. Pada intensitas ini gelombang otak high-beta dominan, mencerminkan fokus dan kewaspadaan yang optimal tanpa menimbulkan stres atau kelelahan yang signifikan. Intensitas ini juga memberikan visibilitas yang cukup tanpa menyebabkan silau, sekaligus menjaga beban kerja mental pada tingkat yang dapat diterima, sebagaimana diukur melalui kuesioner NASA-TLX. Dengan pencahayaan pada rentang tersebut, operator dapat bekerja dengan efisien, aman, dan nyaman dalam lingkungan kerja industri.

English Abstract

Driving safety and performance are global issues that affect various sectors, including the manufacturing industry. In the context of forklift operations, light intensity is one environmental factor that has a significant effect on operator visibility, focus and safety. Changes in light intensity can affect a driver's visual, cognitive and response abilities, potentially increasing the risk of workplace accidents. While lighting has been recognized as an important element in industrial ergonomics, there is limited research that specifically examines its impact on forklift driver performance. This study aims to examine the effect of different light intensities (3 lux, 50 lux, 300 lux, 500 lux, and 1000 lux) on forklift driver performance in a simulation using a driving simulator. The main focus of the research was to understand the relationship between light intensity and brain activity (using EEG data) that reflects the operator's level of focus, fatigue and situational awareness. The study also utilized the NASA-TLX questionnaire to evaluate the mental workload of the respondents. The study was conducted in a controlled environment using a driving simulator that simulates real conditions in the manufacturing industry. The results showed that different light intensities have a significant influence on forklift driver performance. The results show that the optimal light intensity to support performance is at a light intensity of 500 lux. At this intensity high-beta brain waves are dominant, reflecting optimal focus and alertness without causing significant stress or fatigue. It also provides sufficient visibility without causing glare, while keeping mental workload at an acceptable level, as measured through the NASA-TLX questionnaire. With lighting in this range, operators can work efficiently, safely and comfortably in an industrial work environment.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042507
Uncontrolled Keywords: intensitas cahaya, performansi, forklift, driving simulator
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Depositing User: S Sucipto
Date Deposited: 14 Jan 2025 02:14
Last Modified: 14 Jan 2025 02:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/234757
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rahma Sabilah Nurbi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item