Ramadhani Lisdandhoko, Risky (2024) Optimalisasi Media Sosial Instagram @plutkotabatu Sebagai Media Informasi Dan Pemberdayaan Umkm Kota Batu. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memahami pentingnya penggunaan platform media sosial Instagram sebagai bagian dari strategi komunikasi dan penyampaian informasi publik Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT). Teknologi yang berkembang telah mendorong pertumbuhan media sosial menjadi platform dengan banyak kegunaan salah satunya seperti berbagi informasi, mencari informasi dan mendapatkan informasi yang berdampak signifikan pada cara berfikir masyarakat, termasuk dalam mengkritisi atau meyampaikan pendapat kepada pemerintah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan media sosial instagram oleh Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) sebagai media informasi publik. Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) menggunakan platform instagram sebagai sarana media informasi, dengan Optimalisasi desain postingan serta memanfaatkan fitur sematkan postingan masyarakat khususnya UMKM Kota Batu mendapat ketertarikan untuk mengetahui lebih lebih jauh mengenai PLUT dan dengan ketersediaannya fitur pada instagram yaitu sematkan postingan UMKM Kota Batu dapat mencari informasi dengan singkat tidak butuh waktu lama untuk mencari informasi yang diinginkan Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teori 4C dari Chris Heuer, yang mencakup 4 strategi pengelolaan media sosial: Context, Communnication, Collaboration, dan Connection Dengan demikian, penelitian Tugas Akhir memberikan kontribusi dalam memahami peran media sosial Instagram sebagai alat untuk menggali informasi lebih dalam yang efektif dan efisien. Media sosial ini dapat menjadi salah satu instrumen strategis bagi Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dan UMKM Kota Batu.
English Abstract
This research was conducted to understand the importance of using social media platforms Instagram as part of the communication strategy and public information delivery of the Integrated Business Service Center (PLUT). Developing technology has encouraged the growth of social media into a platform with many uses, one of which is sharing information, seeking information and obtaining information which has a significant impact on people's way of thinking, including criticizing or conveying opinions to the government. Therefore, this research aims to find out how social media is managed Instagram by the Integrated Business Service Center (PLUT) as a public information medium. The Integrated Business Service Center (PLUT) uses the Instagram platform as a means of information media, by optimizing post designs and utilizing the post embed feature. The community, especially Batu City UMKM, has become interested in finding out more about PLUT and with the availability of the feature on Instagram, namely Batu City MSME post embeddings. can search for information quickly, it doesn't take long to find the information you want. The method used is descriptive qualitative with Chris Heuer's 4C theory, which includes 4 social media management strategies: Context, Communication, Collaboration, and Connection Thus, the final project research contributes to understanding the role of Instagram social media as a tool for digging deeper information effectively and efficiently. This social media can be a strategic instrument for the Integrated Business Service Center (PLUT) and UMKM in Batu City
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 01:20 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 01:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/234728 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
RISKY RAMADHANI LISDANDHOKO.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |