Perancangan Maskot Untuk Memperkuat Citra Kabupaten Sumenep

WAHYUDI, RIZKI (2024) Perancangan Maskot Untuk Memperkuat Citra Kabupaten Sumenep. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

The Soul of Madura merupakan city branding yang dimiliki Kabupaten Sumenep sebagai identitas daerah yang bertujuan menarik lebih banyak wisatawan. Setelah melakukan penelitian, pengaplikasian The Soul of Madura belum maksimal yang membuat wisatawan yang datang kurang memperhatikan The Soul of Madura. Media yang digunakan hanya poster event dan media sosial tanpa adanya edukasi yang menyeluruh. Hal tersebut kurang efektif untuk menarik lebih banyak wisatawan. Berdasarkan hal tersebut memungkinkan untuk Kabupaten Sumenep membutuhkan pemanfaatan karakter maskot. Dalam perancangan karakter maskot tentunya memerlukan keterlibatan Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata agar rancangan maskot bisa merepresentasikan budaya dan wisata Sumenep. Perancangan karakter maskot menggunaka media sosial sebagai media promosi serta media buku ilustrasi sebagai media edukasi mengenai maskot, The Soul of Madura, budaya, dan wisata Sumenep. Perancanga maskot ini menggunakan metode kualitatif untuk pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil perancangan maskot diberikan kepada Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata untuk dinilai dan dievaluasi apakah maskot sudah merepresentaskian budaya Sumenep. Hasil evaluasi mendapatkan persetujuan dari Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata karena maskot sudah merepresentasikan budaya Sumenep. Hasil penelitian ini ini bermanfaat bagi Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata dengan menghasilkan media sosial maskot dan buku ilustrasi maskot yang dapat dimanfaatkan sebagai rancangan pengembangan The Soul of Madura sebagai city branding untuk promosi parawisata yang dapat menarik banyak wisatawan dan menambah citra positif Sumenep.

English Abstract

The Soul of Madura is a city branding owned by Sumenep Regency as a regional identity that aims to attract more tourists. After conducting research, the application of The Soul of Madura has not been maximized which makes tourists who come pay less attention to The Soul of Madura. The media used are only event posters and social media without any comprehensive education. It is less effective to attract more tourists. Based on this, it is possible for Sumenep Regency to require the use of mascot characters. In designing mascot characters, of course, it requires the involvement of the Office of Culture, Youth and Sports and Tourism so that the mascot design can represent Sumenep culture and tourism. The design of mascot characters uses social media as a promotional medium and illustration book media as an educational medium about mascots, The Soul of Madura, culture, and Sumenep tourism. This mascot design uses qualitative methods for data collection through interviews and observations. The results of the mascot design were given to the Office of Culture, Youth and Sports and Tourism to be assessed and evaluated whether the mascot represented the Sumenep culture. The results of the evaluation received approval from the Office of Culture, Youth, Sports and Tourism because the mascot already represents the culture of Sumenep. The results of this study are useful for the Office of Youth Culture and Sports and Tourism by producing social media mascots and mascot illustration books that can be utilized as a development design for The Soul of Madura as a city branding for tourism promotion that can attract many tourists and add to the positive image of Sumenep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 14 Jan 2025 01:17
Last Modified: 14 Jan 2025 01:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/234726
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rizki Wahyudi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item