Farhan, Muhammad (2024) Optimalisasi Media Sosial Instagram @p4s_academy sebagai Media Informasi Pelatihan di Kota Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kemajuan teknologi, terutama di bidang internet, telah membawa pengaruh besar terhadap kehidupan dan dunia bisnis di Indonesia, yang tercatat memiliki 212,9 juta pengguna pada Januari 2024. Internet mempercepat proses akses informasi dan komunikasi, serta memainkan peran penting dalam mendukung penyebaran informasi dan pemasaran bisnis. LPK P4S Academy, sebuah lembaga pelatihan kerja asal Malang, menghadapi tantangan dalam mengelola media sosial Instagram sebagai media informasi pelatihan guna memperluas jangakauan informasi dan meningkatkan eksposur lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki Instagram, dibutuhkan pendekatan yang terencana dan terstruktur dengan baik, yang mencakup berbagai aspek mulai dari pembuatan konten hingga pengukuran kinerja. Penelitian ini berfokus pada identifikasi dan analisis strategi konten melalui content plan dan content pillar dalam mengoptimalkan penggunaan Instagram sebagai media informasi pelatihan. Dilakukan di Kantor LPK P4S Academy, Malang, penelitian ini berfokus pada rancangan konten yang menjadi parameter keberhasilan optimalisasi media sosial Instagram. Data primer diperoleh dari wawancara dengan direktur utama dan manajer pelatihan LPK P4S Academy, serta analisis dari akun media sosial Instagram LPK P4S Academy. Hasil dan pembahasan penelitian ini menyoroti bahwa konten-konten yang dirancang sebagai parameter keberhasilan optimalisasi media sosial Instagram menujukan kesuksesan dalam menyebarkan informasi kepada pengguna. Dengan fokus pada konten yang dikemas semenarik mungkin, serta penjadwalan konten. Optimalisasi ini diharapkan dapat signifikan dalam meningkatkan dan memperluas penyebaran informasi pelatihan.
English Abstract
The advancement of technology, particularly in the field of the internet, has had a significant impact on life and business in Indonesia, which recorded 212.9 million users in January 2024. The internet accelerates the process of accessing information and communication and plays an important role in supporting the dissemination of information and business marketing. LPK P4S Academy, a vocational training institution from Malang, faces challenges in managing Instagram as a training information platform to expand its information reach and increase the exposure of the institution. This research aims to maximize the potential of Instagram, requiring a well-planned and structured approach, covering various aspects from content creation to performance measurement. This study focuses on identifying and analyzing content strategies through content plans and pillars in optimizing the use of Instagram as a training information platform. Conducted at the LPK P4S Academy office in Malang, the research centers on content design as a parameter for the success of Instagram social media optimization. Primary data was obtained from interviews with the CEO and training manager of LPK P4S Academy, as well as analysis from the LPK P4S Academy Instagram social media account. The results and discussion of this study highlight that content designed as a parameter for the success of Instagram social media optimization shows success in disseminating information to users. With a focus on creating engaging content and scheduling posts, this optimization is expected to significantly improve and expand the dissemination of training information.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 08:48 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 08:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/234722 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Farhan.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |