Putriardi Perbedaan Keefektifan Metode Pembelajaran Daring Dibandingkan Dengan Pembelajaran Luring (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Akuntansi Angkatan 2018-2019 Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Brawijaya)

Daffa, Adhitya Muhammad and Ali Djamhuri, Ph.D., Ak., CPA. (2024) Putriardi Perbedaan Keefektifan Metode Pembelajaran Daring Dibandingkan Dengan Pembelajaran Luring (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Akuntansi Angkatan 2018-2019 Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada awal tahun 2020, Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) secara resmi menetapkan Coronavirus 2019-2020 (COVID- 19) sebagai varian virus baru yang menginfeksi manusia. Di Indonesia pemerintah telah memberlakukan physical distancing dan social distancing, bahkan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB telah diterapkan. Setelah adanya pandemi proses pembelajaran tidak bisa dilakukan secara luring seperti biasa. Salah satu upayanya adalah adanya kebijakan belajar secara daring untuk seluruh mahasiswa/i karena adanya pembatasan sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran secara luring lebih efektif dibandingkan secara daring. Dengan populasi sebanyak 597 mahasiswa akuntansi angkatan 2018-2019, menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh 34 responden. Pengukuran keefektifan pada penelitian ini menggunakan Learning Theory. Penelitian ini menggunakan metode survei kuisioner dalam mengumpulkan data dengan cara menyebar kuisioner melalui media sosial ke seluruh mahasiswa jurusan akuntansi angkatan 2018-2019. Semua variabel dalam penelitian ini diukur menggunakan skala likert. Analisi data dilakukan dengan menggunakan uji statistik uji-t. Penelitian ini membuktikan bahwa metode pembelajaran luring/offline lebih efektif bagi mahasiswa akuntansi angkatan 2018-2019 dibandingkan metode pembelajaran daring/online. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk menentukan kedepannya metode pendidikan mana yang lebih dipilih untuk diimplementasikan oleh jurusan akuntansi Universitas Brawijaya.

English Abstract

The Coronavirus (COVID-19) officially announced as a severely infectious virus by the World Health Organization (WHO) in 2019-2020 made the Indonesian government implement physical distancing and social distancing, if not all largescale social restrictions or PSBB. As such, during the pandemic, the learning process were no longer conducted on-site, instead, must be conducted online. This study aims to determine whether on-site learning is more effective than online one, based on Learning Theory. The population includes 597 accounting students of Faculty of Economics and Business of Universitas Brawijaya, the academic year of 2018-2019, from which the samples 34 respondents are selected through a simple random sampling technique. Data are collected through survey using questionnaires distributed through social media to all students, and analyzed by a Likert scale utilizing t-test statistical test. This study suggests that on-site learning method is proved to be more effective for the students than online learning. The results of this study can be used to determine the preference of future educational methods.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524020342
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Pembelajaran daring, Pembelajaran Luring, Efektivitas
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 05 Mar 2025 03:49
Last Modified: 05 Mar 2025 03:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/234548
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ADHITYA MUHAMMAD DAFFA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item